Dipakai Tinjau Persiapan MotoGP, Ini Permintaan Khusus Jokowi Soal Ubahan Motornya

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 13 Jan 2022 19:20 WIB
Kawasaki W175 Presiden Joko Widodo dengan konsep Neo Retro Bobber garapan Katros Garage
Motor custom W175 milik Presiden Jokowi Foto: Katros Garage
Jakarta -

Kawasaki W175 milik Presiden Joko Widodo mengalami ubahan lagi. Motor tersebut kini mengusung konsep Neo Retro Bobber, dari yang sebelumnya Chopper Racer. Ada permintaan khusus modifikasi dari Jokowi?

Katros Garage merupakan bengkel sudah jadi langganan motor Kawasaki W175 milik Jokowi. Untuk konsep "Neo Retro Bobber" kali ini, Atenx alias Andi Akbar mengatakan ada permintaan khusus dari Presiden Jokowi.

"Permintaan khususnya, kemarin minta warna hijaunya di ganti dengan warna yang lebih cerah," ungkap Atenx saat dihubungi detikcom, Kamis (13/1/2022).

Tampilan warna memang berbeda dibanding versi sebelumnya. Motor tersebut dipakai Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika. Konsep pada motor yang dipakai Jokowi tersebut mengusung gaya "Chopper Racer".

Kala itu, Kawasaki W175 itu hadir dengan tampilan bodi baru yang memiliki karakter classic racing style. Sepeda motor kustom itu terpasang half fairing khas café racer yang memiliki desain membulat.

Motor Kustom Presiden Jokowi di GIIAS 2021Motor Kustom Presiden Jokowi di GIIAS 2021 Foto: Ridwan Arifin

Sementara warnanya dipadukan dengan kelir hijau metallic (Royal Top Green) dengan grafis khas motor balap, serta terdapat motif Batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing.

Namun saat peninjauan Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP 2022, tampilan motornya kembali mendapat sentuhan. Jika sebelumnya menggunakan warna hijau metalic, kini motor custom itu dibalur warna hijau tosca dengan perpaduan silver metalik dan garis list gold leaf.

Kawasaki W175 Presiden Joko Widodo dengan konsep Neo Retro Bobber garapan Katros GarageKawasaki W175 Presiden Joko Widodo dengan konsep Neo Retro Bobber garapan Katros Garage Foto: Katros Garage

W175 Custom dengan konsep Neo Retro Bobber itu kemudian digunakan presiden meninjau kesiapan MotoGP Mandalika 2022. Orang nomor satu di Indonesia ini menggunakan motor custom bertuliskan "RI 1" dan jaket "G20".

Lebih detail, Atenx menjelaskan sentuhan anyar dari versi sebelumnya ada pada spatbor depan yang dibuat dari pelat galvanis 1,5 mm dan tangki custom W175. Ditambah jok tunggal model pegas juga membuat motor ini terasa lebih baru.

Kendati ada bagian yang didesain ulang, Atenx tetap mempertahankan gaya lama dari model sebelumnya. Yakni, kaki-kaki yang membuatnya terlihat bongsor dan terkesan berat.

"Kaki-kaki masih sama, suspensi depan hanya ganti jadi warna hitam," terang Atenx.

Tampilan dari W175 custom milik Presiden Jokowi terbaru ini juga nampak berbeda dari sistem gas buangnya. Ternyata menggunakan knalpot standar bukan aftermarket seperti model sebelumnya.

Namun dari sektor mesin, tidak ada ubahan apapun di Kawasaki W175 milik Jokowi ini. Mesinnya masih sama, 177cc satu silinder karburator, yang dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan.

Atenx menceritakan perlu waktu 1,5 bulan untuk mengganti konsep motor menjadi Neo Retro Bobber. Ini merupakan ketiga kalinya bengkel asal Ciputat, Tangerang Selatan dipercaya memodifikasi motor milik Jokowi.



Simak Video "Melihat Sentuhan Baru Motor Jokowi saat Cek Kesiapan MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)