Jokowi Riding Tinjau Persiapan MotoGP, Motornya Berubah Lagi?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 13 Jan 2022 13:35 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali tampil bersama motor custom W175 miliknya. Tapi tampilan tunggangannya berbeda jika dibandingkan saat mengunjungi Sirkuit Mandalika pada November silam.

Diketahui motor custom ini merupakan hasil garapan Katros Garage beberapa tahun lalu. Motor itu dibeli Jokowi saat dirinya menghadiri acara otomotif Tumplek Blek, Juli 2018 silam.

Motor tersebut pernah dipakai untuk mengecek perbatasan Trans Kalimantan 2019 silam. Kala itu Kawasaki W175 sudah dikustom bergaya Chopper-Bobber.

Presiden Jokowi memilih menunggangi motor custom saat meninjau progres pembangunan jalan akses perbatasan Kalimantan Utara di Nunukan.Presiden Jokowi memilih menunggangi motor custom saat meninjau progres pembangunan jalan akses perbatasan Kalimantan Utara di Nunukan. Foto: Muchlis Jr/Setpres

Tampilannya kemudian berganti lagi jelang gelaran World Superbike (WSBK) 2021. Motor tersebut dipakai Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika. Konsep anyar pada motor yang dipakai Jokowi tersebut mengusung gaya Chopper Racer.

Kawasaki W175 itu hadir dengan tampilan bodi baru yang memiliki karakter classic racing style. Sepeda motor kustom itu terpasang half fairing khas café racer yang memiliki desain membulat.

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Selain itu, penambahan hornet pada area belakang dan cover pada bagian bawah mesin semakin mempertegas nuansa classic racing style.

Perubahan tersebut juga dipadukan dengan kelir hijau metallic (Royal Top Green) dengan grafis khas motor balap, serta terdapat motif Batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing.

Namun saat peninjauan Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP 2022, tampilan motornya kembali mendapat sentuhan berbeda.

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 bergaya chopper bobber di Jalan Bypass BIL-Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk mengecek kesiapan jelang event MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 bergaya chopper bobber di Jalan Bypass BIL-Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk mengecek kesiapan jelang event MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

"Untuk style kami sebutnya Neo Retro Bobber," kata Penggawa Katros Garage, Andi Akbar saat dihubungi detikcom, Kamis (13/1/2022).

Memang terdapat sejumlah perbedaan dibanding W175 Custom milik Jokowi sebelumnya. Mulai dari spatbor, jok, knalpot, dan juga warna. Half fairing juga sudah dicopot untuk menyesuaikan konsep.

Pria yang akrab disapa Ateng ini menjelaskan jika sebelumnya menggunakan warna hijau metalic, kini motor custom itu dibalur warna hijau tosca dengan perpaduan silver metalik dan garis list gold leaf.

W175 Custom dengan konsep Neo Retro Bobber itu digunakan presiden meninjau kesiapan MotoGP Mandalika 2022. Orang nomor satu di Indonesia ini menggunakan motor custom bertuliskan "RI 1" dan jaket "G20".

Jokowi diketahui meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, Kamis (13/1). Dia kemudian menjajal jalan bypass Bandara Internasional Lombok-Sirkuit Mandalika menggunakan motor bergaya bobber tersebut.

Presiden Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 customPresiden Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 custom konsep Neo Retro Bobber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Rombongan Presiden dijadwalkan berhenti di beberapa lokasi untuk mengecek sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan MotoGP seperti fasilitas sirkuit, jalan, dan penginapan.

Setelah itu Jokowi juga akan menyambangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jokowi juga dijadwalkan menghadiri peluncuran Injourney Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Sirkuit Mandalika telah sukses menggelar World Superbike (WSBK) pada November 2021. Dijadwalkan Sirkuit Internasional Mandalika akan kembali untuk balapan MotoGP pada Maret 2022.

(riar/rgr)