Presiden Jokowi Geber Motor Tinjau Kesiapan MotoGP Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 13 Jan 2022 12:05 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan MotoGP Mandalika 2022. Orang nomor satu di Indonesia ini menggunakan motor custom bertuliskan "RI 1" dan jaket "G20".

Jokowi diketahui meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, Kamis (13/1). Mantan Wali Kota Solo ini meninjau beberapa fasilitas di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

"Presiden Joko Widodo tampak bersiap mengenakan jaket edisi terbatas dengan tema G20 Indonesia akan mengendarai sepeda motor jenis Kawasaki W175 custom berwarna hijau metalik usai meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid," tulis keterangan Sekretariat Kabinet, dikutip Kamis (13/1/2022).

Presiden Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 customPresiden Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 custom Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi kemudian menjajal jalan bypass Bandara Internasional Lombok-Sirkuit Mandalika menggunakan motor bergaya bobber tersebut.

Rombongan Presiden dijadwalkan berhenti di beberapa lokasi untuk mengecek sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan MotoGP seperti fasilitas sirkuit, jalan, dan penginapan.

Setelah itu Jokowi juga akan menyambangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jokowi juga dijadwalkan menghadiri peluncuran Injourney Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung di Pantai Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

"Presiden Jokowi akan menjadi simulator kedatangan penonton MotoGP, mulai dari kedatangan dan jalan menuju sirkuit, di mana tempat [tes] PCR dan di mana tempat penukaran tiket sampai dengan masuk di tribun sirkuit," kata Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, dikutip dari Antara.

Sirkuit Mandalika telah sukses menggelar World Superbike (WSBK) pada November 2021. Dijadwalkan Sirkuit Internasional Mandalika akan kembali untuk balapan MotoGP pada Maret 2022.

(riar/rgr)