Unik! Pria Sumedang ini Sudah Modifikasi Seribu Motor, Semua Bercorak Anjing Dalmatian

Nur Aziz - detikOto
Senin, 01 Nov 2021 14:22 WIB
Modifikator motor dalmatian
Motor dimodif dengan livery anjing dalmatian (Nur Azis/detikcom)
Sumedang -

Pecinta motor model custom kerap memodifikasi motor kesayangannya agar terlihat unik dan menarik. Pria asal Sumedang ini dikenal dengan spesialiasinya modifikasi motor dengan pola anjing dalmatian.

Rudi Samsudin (44) yang merupakan warga Desa Burujul, Kecamatan Sumedang Selatan ini cukup piawai dalam melakukan itu. Uniknya, semua motor yang dimodifikasinya mengadopsi dari model corak seekor anjing jenis dalmatian.

Mungkin kalian sudah tahu, anjing Dalmatian konon merupakan ras anjing dari negara Kroasia. Anjing ini memiliki ciri khas dengan bulunya yang berwarna putih dengan noda-noda hitam besar.

Rudi mengkhususkan diri sebagai modifikator motor dengan corak anjing Dalmatian. Ide itu muncul karena menurutnya pola tersebut memiliki keunikan tersendiri.

"Pertama karena unik aja, kedua yang pesen juga banyaknya itu, ya udah saya akhirnya saya mengkhususkan diri saat memodifikasi bercorakan Dalmatian," kata Rudi kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Modifikator motor dalmatianModifikator motor dalmatian Foto: Nur Azis/detikcom

Rudi mulai serius memodifikasi motor menjadi berwujud anjing dalmatian sejak 2007. Ternyata dia memang sudah hobi memodifikasi sejak duduk di bangku SMP.

"Sebetulnya dari SMP saya sudah hobi utak atik motor, namun baru serius pas sudah nikah tahun 2007," ungkap suami dari Ratna Widianingsih (42) dan telah dikaruniai tiga orang anak yakni, Andri andrianto (27), Indri rudianti (17) dan Windi rudianti (12).

Motor - motor yang dimodisikasi rata-rata jenis Honda Grand, Honda Astrea Prima, Honda 70, Suzuki Smash dan motor sejenisnya. Motor-motor itu dimodifikasi pada bagian cat dan sedikit body tanpa menghilangkan esensi dari standar motor aslinya.

"Pokoknya motor-motor buat santai, paling saat modif pertama yang dilihat mesin, periksa mesin, selanjutnya baru spart part lainnya seperti ban, rantai, body, kemudian air brush, kalau model tidak banyak berubah paling dibuat ramping ceper hanya saja dalam pengecatan yang jadi ciri khasnya, yakni dalmatian," paparnya.

[Halaman Selanjutnya: Biaya Modifikasi Motor Dalmatian]



Simak Video "Cerita Custom Motor di Katros Garage"
[Gambas:Video 20detik]