Elders Garage: Dulu Garap Chopper Jokowi, Kini Fokus ke Motor Konversi

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 30 Okt 2021 10:31 WIB
Jakarta -

Masih ingat motor kustom bergaya chopper punya Presiden Joko Widodo? Yap, motor tersebut lahir dari tangan dingin dan kolaborasi modifikator asal Jakarta, salah satunya Elders Garage. Namun kini Elders Garage putar haluan, tak lagi garap motor kustom, dan mereka fokus ke konversi Vespa klasik menjadi motor listrik yang resmi.

Elders Garage yang bermarkas di Gedung Smesco Indonesia, kini tak lagi menerima motor-motor berbahan bakar bensin, kecuali Vespa klasik. Vespa klasik yang masuk ke Elders Garage-pun untuk dikonversi ke motor listrik. Sehingga dijamin saat keluar dari bengkel, Vespa tersebut tak lagi 'bising' atau mengeluarkan asap tebal layaknya motor 2 tak.

"Kita bulan lalu tuh, terakhir mengerjakan motor mesin. Jadi sekarang kita memfokuskan diri untuk, pertama konversi, terus kemudian kita ada sepeda listrik juga yang kita olah, kemudian ada ya kalau kita mau kustom akan meng-kustom motor listrik," papar Heret Frashtio penggawa Elders Garage kepada detikOto.

Tak hanya sekadar ikut tren mengonversi motor berbahan bakar bensin ke motor listrik, Elders Garage juga punya keseriusan untuk bergelut di dunia kendaraan listrik ini. Terbukti, mereka sudah mengantongi sertifikat dari Dinas Perhubungan sebagai Bengkel Pemasangan, Perawatan, dan Pemeriksaan Peralatan Instalasi Sistem Penggerak Motor Listik Pada Kendaraan Bermotor nomor SKET DRJD 1192 Tahun 2021.

"Jadi setiap bengkel yang mengerjakan atau membuat motor konversi itu harus memiliki sertifikat. Ketika kamu melakukan konversi di bengkel yang memiliki sertifikat, bengkel itu nanti mengajukan ke Balai Uji, itu yang di Bekasi, untuk mendapatkan sertifikat uji," papar Heret kepada detikOto pada Selasa (19/10/21).

Dengan keseriusan dari Elders Garage ini, Vespa klasik yang masuk ke Elders untuk dikonversi ke motor listrik bisa mendapatkan TNKB atau pelat nomor baru dan sesuai aturan yang berlaku, mendapat pelat 'biru'.

Heret mengatakan saat ini sudah ada 15 Vespa klasik yang dikonversi menjadi kendaraan listrik dan sedang dalam proses pendaftaran plat biru. Menurutunya, tidak akan lama lagi kita akan melihat Vespa klasik dengan plat biru.

"Beberapa waktu lagi lah ya. Syukur-syukur bisa kita bawa ke GIIAS 2021 nanti, doakan saja yah," papar Heret.

Tak hanya disitu, Heret dan tim Elders Garage juga saat ini merakit sendiri baterai yang mereka datangkan dari China. Baterai yang digunakan oleh mereka untuk membuat sebuah baterai motor listrik adalah baterai dari Panasonic untuk mobil Tesla Model 3.

"Jadi memang secara perakitan baterai, kita bener-bener sendiri dan kita akan banyak fokus disini kedepannya. Bahkan buat temen-temen garage yang lain, yang memang mau kita bantu untuk perakitan baterai dengan customize, bentuknya apa aja kita akan sediakan jasa itu juga," papar Heret.

Saat ini, paket konversi Vespa klasik menjadi motor listrik yang ditawarkan oleh Elders Garage ada dua jenis. Semuanya menggunakan perangkat baterai dari Panasonic Tesla dan Elders Garage semacam membuat sebuah sub brand untuk konversi ini, yaitu Elders Elettrico.

Untuk harganya paket termurah yaitu Duro yang menggunakan baterai Panasonic Tesla berkapasitas 60V 18 Ah dibanderol seharga Rp 18,5 juta. Di paket ini, baterai dan motor listriknya dapat melaju hingga 40-50 km dalam mode Eco dan punya kecepatan maksimum di 50-55 km/jam.

Selain Duro, ada paket Speedster yang menggunakan baterai Panasonic Tesla Model3 72V 24Ah. Di paket ini, Vespa konversi diklaim dapat melaju hingga 60-75 km dalam mode Eco dan punya kecepatan maksimum di 75-80 km/jam. Paket Speedster ini dibanderol Rp 25,8 juta.



Simak Video "Elders Garage Jajal Motor Konversi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)