Sebentar Lagi Vespa Klasik Bisa Pakai 'Plat Biru', Begini Caranya

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 20:44 WIB
Vespa Primavera tahun 1972 milik Om Beng ini tak hanya klasik tetapi juga memiliki nilai historis. Seperti apa penampakan skuter antik tersebut?
Ilustrasi Vespa klasik Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Plat atau TNKB berwarna biru diperuntukkan untuk kendaraan listrik. Namun ada Vespa klasik yang dapat menggunakan plat biru ini secara resmi dan mengaspal. Kok bisa?

Elders Garage, rumah modifikasi yang kini fokus dalam mengerjakan konversi motor klasik menjadi motor listrik punya solusinya. Mereka menawarkan paket penggantian 'dapur pacu' dari Vespa klasik yang notabene mesin berbahan bakar bensin, menjadi perangkat motor listrik.

View this post on Instagram

A post shared by Elders Garage (@elders_garage)

Tak sampai di situ, Vespa klasik yang sudah dikonversi menjadi motor listrik ini, juga disiapkan sebagai kendaraan harian yang legal untuk digunakan di jalan raya. Selain itu, juga mendapatkan plat biru layaknya kendaraan listrik lainnya.

Heret Frasthio dari Elders Garage mengatakan, saat ini bisa dibilang Elders Garage jadi bengkel kustom pertama yang bersertifikasi resmi dari pemerintah untuk mengerjakan konversi kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

Hal ini ditunjukkan dengan diberikannya Sertifikat Bengkel Pemasangan, Perawatan, dan Pemeriksaan Peralatan Instalasi Sistem Penggerak Motor Listrik Pada Kendaraan Bermotor nomor SKET DRJD 1192 Tahun 2021 kepada Bengkel Elders Garage Smesco.

"Jadi setiap bengkel yang mengerjakan atau membuat motor konversi itu harus memiliki sertifikat. Ketika kamu melakukan konversi di bengkel yang memiliki sertifikat, bengkel itu nanti mengajukan ke Balai Uji, itu yang di Bekasi, untuk mendapatkan sertifikat uji," papar Heret kepada detikOto pada Selasa (19/10/21).

Lantas setelah melalui segala tahapan administrasi dan pengujian, maka plat biru secara resmi dapat dikeluarkan untuk Vespa klasik yang sudah menggunakan 'jantung' motor listrik.

Heret mengatakan saat ini sudah ada 15 Vespa klasik yang dikonversi menjadi kendaraan listrik dan sedang dalam proses pendaftaran plat biru. Menurutnya, tidak akan lama lagi kita akan melihat Vespa klasik dengan plat biru.

"Beberapa waktu lagi lah ya. Syukur-syukur bisa kita bawa ke GIIAS 2021 nanti, doakan saja yah," papar Heret.

Dilansir dari laman Instagram Elders Elettrico, paket pemasangan kit motor listrik ke Vespa klasik yang ditawarkan ada dua jenis. Semuanya menggunakan perangkat baterai dari Panasonic Tesla, namun dirakit dan disesuaikan kembali oleh Elders Garage.

Untuk harganya paket termurah yaitu Duro yang menggunakan baterai Panasonic Tesla berkapasitas 60V 18 Ah dibanderol seharga Rp 18,5 juta. Di paket ini, baterai dan motor listriknya dapat melaju hingga 40-50 km dalam mode Eco dan punya kecepatan maksimum di 50-55 km/jam.

Selain Duro, ada paket Speedster yang menggunakan baterai Panasonic Tesla Model3 72V 24Ah. Di paket ini, Vespa konversi diklaim dapat melaju hingga 60-75 km dalam mode Eco dan punya kecepatan maksimum di 75-80 km/jam. Paket Speedster ini dibanderol Rp 25,8 juta.

Heret mengatakan, untuk mendapatkan plat biru bagi Vespa klasik yang dikonversi di Elders Garage, tentu diperlukan kelengkapan surat-surat serta pajak yang masih hidup.



Simak Video "Elders Garage Jajal Motor Konversi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)