Ogah Lemot, Mesin Suzuki Thunder 125 Ini Dimodifikasi Jadi 4 Katup

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 01 Agu 2021 19:18 WIB
Suzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem
Suzuki Thunder 125 diganti silinder head-nya agar menjadi 4 klep Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Suzuki Thunder 125 memang terlahir menjadi motor sport naked dengan mesin yang 'kalem'. Kapasitas mesinnya hanya 125 cc dan mengandalkan 2 katup untuk jalur bahan bakarnya.

Di kelasnya, motor ini bersaing langsung dengan Yamaha Byson, Honda Verza hingga Bajaj Fulsar 135. Namun, Suzuki Thunder 125 ini kerap jadi pilihan terakhir, lantaran punya mesin yang tidak lebih bertenaga dibanding rival sekelasnya.

Menariknya, bengkel motor kustom Batakastem ternyata punya solusi untuk meningkatkan performa Suzuki Thunder 125 ini.

Ternyata mereka tidak hanya piawai membuat motor custom atau memodifikasi tampilan motor, namun juga memodifikasi bagian mesinnya agar lebih bertenaga.

Suzuki Thunder 125 yang seyogyanya menggunakan 2 klep, disulap menjadi 4 klep dengan mengganti kepala silinder Hyosung RX 125.

"Hyosung RX 125 ini kan mesinnya sama kayak Thunder dan ternyata dia pakai 4 klep. Jadi dicoba lah pasang ke Thunder 125 ini. Ternyata plek-plek," ujar Abraham Simatupang pemilik dari Batakastem.

"Dudukan baut blok juga sama, jadi tinggal pasang aja. Terus supaya performanya naik lagi, kita oversize 150 dan pakai seher Tiger yang diameter 65 mm. Jadi bisa dibilang Thunder 125 ini sekarang 200 cc lah," papar Abraham.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemSuzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun, untuk menguatkan konsep motor Chopper-nya, Abraham sengaja melepas perangkat oil cooler yang harusnya terpasang di bagian head dari Hyosung RX 125 ini.

"Kalau part masih banyak yah. Ini head Hyosung gini kita beli sekitar Rp 500 ribuan aja dan terbilang sukses lah untuk naikin performa Thunder 125 ini," papar Abraham.

Abraham mengaku keunggulan dari motor-motor Suzuki ini adalah suku cadang yang murah, terjangkau serta banyak yang bisa disubtitusi dengan model motor Suzuki lainnya.

"Thunder ini tuh enaknya selain karena part-nya murah, beberapa part juga bisa pakai punya Satria FU atau ke GSX. Jadi untuk upgrade, lebih banyak opsinya," papar Abraham.

Saat ini, Suzuki Thunder 125 terpantau anjlok harga bekasnya di pasaran. Dari pantaun detikOto, untuk motor bekas Suzuki Thunder 125 yang layak jalan lansiran tahun 2008 ada di kisaran Rp 2.5 Juta sampai Rp 3 Jutaan.

Tertarik untuk punya Suzuki Thunder 125 detikers?



Simak Video "Sangar! Suzuki Thunder Bekas Harga Rp 1 Jutaan Disulap Jadi Chopper"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)