Jeep Mini dari Klaten, Dibangun dari Mesin Motor Bekas

Achmad Syauqi - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 08:51 WIB
Jeep Mini Hasil Modifikasi warga klaten dibuat dari mesin motor bekas.
Jeep mini bikinan warga Klaten yang dibangun dari mesin motor bekas (Achmad Syauqi/detikcom)
Jakarta -

Mesin sepeda motor lama yang tidak terpakai biasanya dibawa ke pengecoran logam. Tapi di tangan Nur Arifin (38) mesin tersebut disulap menjadi Jeep Mini yang telah dipasarkan ke berbagai kota.

"Yang sudah terjual empat unit, ini mau yang kelima sudah hampir jadi. Ada yang ke Solo, Yogyakarta, Bandung dan Wonogiri," ungkap Nur saat ditemui di bengkelnya di Dusun Semangkak, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Rabu (24/3/2021) siang.

Nur menceritakan, hobinya membuat Jeep Mini dimulai tahun 2018. Saat itu ada orang yang datang ke bengkel meminta dibuatkan mobil mini untuk mainan keluarga.

"Teman itu mau beli yang asli baru dari toko kan mahal kalau seperti yang di tempat wisata. Lalu coba saya buatkan dengan mesin bekas motor," tutur Nur.

Di awal membuat, ungkap Nur, digunakan mesin motor Shogun dan motor Grand. Satu mobil Jeep Mini itu membutuhkan waktu dua bulan sampai selesai.

"Ya sekitar dua bulan karena ini kan cuma sampingan. Untuk sasis saya gunakan besi holo dan bodinya dengan plat sehingga kuat dinaiki dua orang," kata Nur.

Nur mengatakan dalam pembuatan Jeep Mini tersebut yang paling sulit adalah membuat motor jadi mekanik mobil. Termasuk menambah rangkaian alat dari mobil bekas.

"Ada yang saya ambil dari mobil bekas. Misalnya worm stir atau alat untuk mundur diambilkan dari mobil lain lalu kita rangkai," papar Nur.

Menurut Nur, untuk suspensi tidak masalah sebab bisa menggunakan shok breaker motor bekas empat buah dan roda juga bekas dengan ring velg motor Vespa. Rantai dan gir juga bekas.

"Rantai cuma agak panjang sebab mesin dan tangki di bagian depan dan gir di belakang. Untuk pedal sama dengan mobil," lanjut Nur.

Pedal di kemudi, kata Nur, jumlahnya ada tiga seperti mobil biasa, yaitu pedal gas, kopling dan rem. Untuk mesin bisa membawa sendiri atau dicarikan olehnya.

"Mesin biasanya kita carikan tapi ada yang menghendaki mesin lain bisa membawa sendiri. Untuk kecepatan ya sama dengan kecepatan motor aslinya," terang Nur.

Untuk harga jual, imbuh Nur, lebih murah dari buatan pabrik. Satu unit mobil Jeep Mini buatannya bisa harganya mencapai Rp 12 juta.

"Harganya bisa sekitar Rp 12 juta berupa satu unit mobil jadi. Ada spionnya juga dengan spion sepeda motor, aman ya aman tapi untuk jalan protokol kan harus sertifikasi," pungkas Nur.

Pantauan detikcom, mesin sepeda motor tersebut diletakkan di depan seperti mobil Jeep umumnya. Stir diletakkan di kiri dan Jeep Mini itu memiliki dua tempat duduk.



Simak Video "Sangar! Suzuki Thunder Bekas Harga Rp 1 Jutaan Disulap Jadi Chopper"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)