Jumat, 08 Mei 2020 20:04 WIB

Selis Ini Kena Operasi Plastik, Modifikasi Steampunk-nya Keren Gila

Rizki Pratama - detikOto
Modifikasi Selis Modifikasi Selis bergaya steampunk (Bikeexif)
Jakarta -

Bicara sepeda motor listrik, Indonesia punya yang namanya Selis. Meski definisi motor atau sepeda masih menjadi perdebatan, model motor ini mungkin tidak terlalu menarik bagi sebagian pecinta sepeda motor.

Bagaimana jika Selis dimodifikasi menjadi seperti yang akan dijelaskan di bawah ini? Dijamin bikin detikers ngiler. Modifikasi ini dilakukan oleh perusahaan desain Indonesia bernama Katalis Company.

Motor ini harusnya tampil di Indonesia International Motor Show yang terpaksa mengalah dengan keadaan pandemi virus Corona. Katalis Company bukan satu-satunya yang ikut serta dalam kompetisi modifikasi motor listrik di IIMS 2020, namun desain dari Katalis Company cukup nyentrik dibanding peserta lainnya.

Selis GarudaModifikasi Selis Foto: bikeexif

Modifikasi motor listrik ini menggunakan basis dari Selis Garuda. Tidak hanya satu unit saja, Katalis Company juga berencana membuat beberapa unit motor ini secara terbatas untuk dijual.

Konsep modifikasi ini mengusung gaya steampunk yang beberapa waktu lalu pernah diadaptasi pula oleh pabrikan motor Ceko, yaitu Jawa Motor. Motor tampak dilapisi aluminium dengan ramping dan rata. Tonjolan mur sengaja diperlihatkan di permukaan untuk menguatkan tema steampunk-nya. Warna dasar aluminium dipadukan dengan garis kelir empat warna dari hitam, merah, kuning dan putih.

"Kami pikir sangat jarang desain sepeda motor listrik dengan body logam atau," kata Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa.

Rangka dan swingarm Selis Garuda yang asli tidak digunakan lagi, diganti dengan part aftermarket. Ban Selis yang biasanya kecil pun diameternya dibuat lebih besar. Elemen metal kembali ditambahkan pada bagian velg yang ditutup.

Sementara pada dapur pacu Katalis Company tidak mengusiknya sama sekali. Selis garapan Katalis Company masih mengandalkan baterai 48-volt unit 12 Ah yang terhubung ke motor 500 watt. Kapasitas baterai motor ini dapat membawanya menempuh jarak sejauh 35 km.

Bagi yang suka motor ini tapi butuh performa lebih tak perlu berkecil hati. Sebab, Katalis juga berencana memberikan opsi upgrade ke motor bertenaga 1.000 watt.



Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com