Rabu, 20 Mar 2019 20:48 WIB

Moge Berjubah Cafe Racer, Terinspirasi dari Harley-Davidson Lawas

Ridwan Arifin - detikOto
Modidikasi Harley-Davidson Foto: Pool (Bikeexif) Modidikasi Harley-Davidson Foto: Pool (Bikeexif)
Jakarta - Blacktrack Motors merupakan sebuah bengkel modifikasi asal Luxembourg, negara kecil yang terletak di wilayah Eropa Barat merilis hasil modifikasi Harley-Davidson Fat Bob 114 FXFBS bergaya cafe racer.

Proyek tersebut diberikan nama BT03, pendiri dan perancang Blactrack Motors, Sacha Lakic awalnya terinspirasi dari motor lawas Harley-Davidson XLCR, yakni motor bergaya cafe racer yang diproduksi antara tahun 1977 hingga 1979, saat dirinya masih kecil.



"Diproduksi antara 1977 dan 1979, itu adalah cafe racer dalam sejarah Harley Davidson, dengan hanya 3.133 unit dibuat. Saya terpesona setiap kali melihat satu di jalan-jalan paris," ucap Sacha Lakic seperti detikcom kutip dari Bikeexif, Senin (18/03/2019).

Harley-Davidson Harley-DavidsonHarley-Davidson Harley-Davidson Foto: Pool (Bikeexif)


Ia melanjutkan tidak bermaksud untuk mereplika ulang XLCR namun tetap mempertahankan gaya Harley-Davidson dengan sentuhan-sentuhan ala Blacktrack Motors yang semakin modern. Misi mereka untuk untuk mengurangi 'berat badan', meningkatkan kinerja motor, dan membuat si Bob terkesan lebih kuat.



Sebab itu, Blacktrack benar-benar menjaga motor Harley's Milwaukee-Eight, khususnya transmisi ataupun rangka. Semua aksesor ditingkatkan atau digantikan oleh komponen Blacktrack yang dibuat khusus.

Harley-DavidsonHarley-Davidson Foto: Pool (Bikeexif)


Dengan sedikit memodifikasi sublime frame alumunium tanpa mengubah frame OEM, membuat bobot BT03 lebih ringan 16 persen dari Fat Bob 114, sehingga bobot menjadi turun dari 296kg menjadi 248 kg.



Tampilan paling menyita perhatian adalah muka, dilengkapi fairing khas model balap klasik dengan kelir abu-abu perak dan merah, serta penggunaan sistem pencahayaan Loop LED yang melingkar.

Dari sektor kaki-kaki "BT-03" dilengkapi dengan suku cadang yang dimainkan kelas atas, seperti shockbreaker ohlins, pelek alumunium ring 17 merk Dymag yang dibalut karet Michelin Power RS, dan tak lupa untuk mengeluarkan suara gahar sepasang muffler Jekill & Hyde yang dipasang di header stainless steel khusus.

Bagi yang berminat, Blacktrack akan membuatnya dalam produksi secara terbatas, yakni hanya empat slot untuk saat ini. Dan setiap pesanan membutuhkan waktu satu tahun untuk dipenuhi. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed