Sabtu, 10 Nov 2018 15:35 WIB

Pasang Decal di Motor, Bisa Tahan Sampai Berapa Tahun?

Luthfi Anshori - detikOto
Decal atau stiker di motor Foto: Luthfi Anshori Decal atau stiker di motor Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - Selain melakukan cat ulang (repaint), pasang decal stiker bisa jadi pilihan lain bagi Otolovers yang ingin memodifikasi tampilan eksterior. Dibanding repaint, decal memang lebih mudah dan murah secara proses dan biaya.

Lantas bagaimana dengan durabilitasnya? Bisa tahan sampai berapa tahunkah decal stiker ini di motor?

"Maksimal decal itu bisa tahan 3 sampai 4 tahun," buka Reynalto Priyan, dari Rey Decal kepada detikOto, di Bekasi.



Kendati bisa tahan sampai 4 tahun lamanya, Rey tetap menyarankan agar decal harus lekas dilepas dan diganti baru sebelum mencapai waktu tersebut.

"Kalau saran dari pabrikan sih, idealnya setiap dua tahun decal harus diganti. Sebab setelah dua tahun pasti bekas lem bakal tertinggal di bodi motor," lanjut pria yang sudah 5 tahun berkecimpung di bisnis decal motor.

Bagi yang belum tahu, decal merupakan proses membungkus (wrapping) bodi motor menggunakan stiker. Decal sedikit lebih canggih dibanding stiker biasa karena sudah mengandalkan teknologi digital.



Jadi sebelumnya desain terlebih dahulu dikonsep di komputer, lalu desain tersebut dicetak pada sebuah lembaran stiker putih dengan menggunakan mesin print. Jadi secara detail, dipastikan lebih presisi dibanding pemasangan stiker secara manual.

Untuk bahan decal print biasa itu pakai bahan Vinyl merek 3M. Sedangkan untuk bahan stiker yang berwarna krom dan satin, menggunakan bahan yang berbeda dan diimpor langsung dari Taiwan. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed