Minggu, 19 Agu 2018 17:08 WIB

Di China, Honda C70 Jadul Disulap Jadi Motor Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Paultan Foto: Paultan
Shanghai - Polusi udara menjadi tantangan global di negara mana pun. Termasuk di China. Makanya, di negara itu sudah mulai booming penggunaan kendaraan listrik. Motor listrik salah satunya.

Bahkan, motor jadul pun disulap menjadi motor listrik. Shanghai Customs, yang berbasis di Putuo, Shanghai, China memiliki motor listrik eCub2. Ini merupakan motor listrik dengan basis Honda C70 jadul. Demikian seperti dilansir dari Paultan, Minggu (19/8/2018).



Shanghai Customss membuang mesin bakar yang ada di Honda C70. Untuk mendukung penggerak listrik yang menggerakkan roda belakang, ditambahan swingarm aluminium 6061.

Motor listriknya memiliki daya 1.000 watt. Motor ini dibekali baterai lithium-ion Panasonic 3,7 volt, 3.400 mAh. Baterai mudah dibongkar pasang dan diletakkan di bawah jok.

Shanghai Customs mengklaim motor listrik ini mampu menjangkau jarak hingga 40 km dalam satu kali pengisian baterai. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 45 km/jam, cukup untuk penggunaan dalam kota.



Motor bebek bertenaga listrik ini memang terlihat kerempeng. Maklum, mesin di bawah rangkanya sudah dibuang dan bodinya pun dibuat minimalis.

Bagian cluster meternya cukup unik. Motor ini menggunakan ponsel milik rider untuk menampilkan informasi berupa kecepatan, kondisi baterai, dan jarak tempuhnya.

Motor ini pakai lampu LED di depan dan belakang untuk menghemat daya baterai. Suspensi belakang menggunakan sepasang shock breaker yang bisa diatur.

Shanghai Customs juga sedang memproduksi perangkat yang membuat pengguna bisa menyulap Honda C70 menjadi eCub2. Harga dan ketersediaannya diumumkan menyusul.



Ini video Motor Trail Listrik Buatan Indonesia

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed