Kamis, 12 Okt 2017 17:56 WIB

Bengkel Modif Ini Ingin Satukan Mesin V, Boxer, dan Inline

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mesin motor radial lima silinder buatan Psychoengine dalam motor modifikasi Nagalima (Foto: Rangga Rahadiansyah) Mesin motor radial lima silinder buatan Psychoengine dalam motor modifikasi Nagalima (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Yogyakarta - Psychoengine, bengkel motor modifikasi asal Purwokerto, Jawa Tengah, ini memiliki ide-ide nyeleneh, terutama soal permesinan motor modifikasi. Tahun lalu saja di Kustomfest 2016 Psychoengine membuat mesin motor radial lima silinder.

Ke depan, proyek 'gila' dari Psychoengine akan lebih banyak lagi. Salah satunya adalah satu mesin tapi punya karakter seperti mesin V, mesin boxer dan mesin segaris (inline).

"Kalau untuk pasar, untuk cari uang, mungkin saya bikin mesin bertingkat. Itu akan mewakili semua jenis mesin dua silinder," kata M Yusuf Adib Mustofa, penggawa Psychoengine saat ditemui di Kustomfest 2017 di Yogyakarta.

Kata Yusuf, mesin itu bisa diubah sesuai keinginan pemilik motor. Tinggal diatur, mesin bakal menyerupai karakter mesin V, mesin boxer atau mesin segaris.

"Jadi orang nggak perlu bikin mesin inline, nggak perlu bikin mesin V, nggak perlu bikin mesin boxer. Cukup satu mesin, mesin bertingkat. Kalau bosen, satu minggu sekali bisa diubah, tinggal buka bak kopling, geser gigi, karakternya juga sama, misalnya boxer, karakternya sama. Secara pasar mungkin prediksi saya lebih menjual," ucap Yusuf.

Maksudnya mesin bertingkat, kata Yusuf, adalah mesin dua silinder yang posisinya depan-belakang. Silinder belakang posisinya lebih tinggi, sementara silinder yang depan lebih rendah.

"Kalau motor yang sudah ada itu mungkin mirip Suzuki RG Gamma, tapi itu mesin 2 tak, 4 silinder, 500cc," kata Yusuf. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.