ADVERTISEMENT

Mobil Pikap Jadi 'Rumah': Kasur, Dapur, Ruang Tamu, Toilet Masuk Semua

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 17:05 WIB
Maha Motorhomes garapan Laksana dan Baze
Maha Motorhomes garapan Baze dan Laksana. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Baze dan Laksana berkolaborasi membuat sebuah motorhome berbasis mobil pikap double cabin. Semua fasilitas yang ada di rumah tangga, mulai dari kasur, dapur, ruang tamu, hingga toilet bisa masuk di mobil pikap double cabin Nissan Navara ini.

Motorhome biasanya dibuat dari basis van seperti Toyota HiAce atau Isuzu Elf. Dengan bentuk yang mengotak, tentu mudah melakukan pengaturan pada kabin mobil ini sesuai konsep motorhome.

Seolah ingin keluar dari pakem itu, Baze membuat motorhome yang berbasis dari mobil pikap kabin ganda. Dikatakan Direktur PT Bahana Selaras (Baze), Bari Setiadi, mobil pikap kabin ganda lebih andal digunakan untuk medan ekstrem dengan kemampuan penggerak roda 4x4.

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Dengan penggerak 4x4, motorhome jadi lebih fleksibel digunakan, dan bisa dibawa sampai pinggir danau atau pinggir air terjun misalnya. Beda misalnya pakai basis Toyota HiAce, paling mentok hanya bisa sampai parkiran," kata Bari di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (3/4/2022).

Interior Maha Motorhomes dibuat oleh Baze dengan membawa konsep Livingroom, Kitchen, Toilet, dan Pop-up Roof ke dalam mobil. Terdapat 3 mode yang bisa diaplikasikan pada interiornya. Apa saja?

Pertama ada Driving Mode (mode berkendara), lalu Leisure Mode (mode bersantai), dan Sleeping Mode (mode beristirahat). Lalu untuk kapasitasnya, bisa menampung 4 orang untuk posisi duduk, serta 4 orang lagi di kabin motorhome (2 orang di Livingroom, 2 orang di atas tenda Pop-up Roof).

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Menariknya, modifikasi Nissan Navara menjadi motorhome ini tidak mengubah konfigurasi jok di kabin utama, sehingga kapasitas penumpang mobil ini bisa dimaksimalkan. Selain itu, disediakan pula akses dari kabin utama menuju kabin motorhome, termasuk tangga untuk menuju tempat tidur di atas.

Eksterior Maha Motorhomes dibuat oleh karoseri Laksana dengan material Lightweight Fiber yang diklaim kuat, sehingga mampu memberikan kekuatan dan perlindungan untuk para penumpang di kabin.

"Dalam pembuatan kendaraan ini kami mengutamakan fungsi untuk kebutuhan selama berada di perjalanan. Kenyamanan dan keamanan yang kami buat dengan matang, serta estetika yang tak luput dari perhatian kami juga. Motorhome ini kami buat tentunya untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda secara private dengan jumlah penumpang yang relatif sedikit, namun tetap bisa mengeksplorasi keindahan Indonesia," kata Bari.

Maha Motorhomes garapan Laksana dan BazeMaha Motorhomes garapan Laksana dan Baze Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT