BMW 'Disulap' Jadi Kendaraan Tempur Ukraina, Dipasangi Senapan Mesin

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 24 Mar 2022 19:58 WIB
BMW disulap jadi kendaraan perang
BMW Seri 6 yang diubah jadi kendaraan perang (Twitter @UAWeapons)
Jakarta -

Perang yang Rusia dan Ukraina membuat kedua negara mengeluarkan kendaraan tempur andalan masing-masing, mulai dari tank hingga pesawat jet. Namun, ada satu kendaraan yang digunakan oleh tentara Ukraina dengan mengusung sebuah sedan BMW. Kok bisa?

Dilansir dari berbagai sumber, polisi di kota Mykolaiv, Ukraina, baru-baru ini telah menyumbang sebuah sedan sport BMW Seri 6 tipe convertible. Mobil tersebut bukan digunakan sebagai kendaraan patroli, melainkan siap menjadi kendaraan tempur untuk menghadapi gempuran Rusia.

Hal itu bisa dilihat dari senapan mesin yang dipasang di bagian belakang mobil. Padahal, senapan mesin pada umumnya dipasang pada kendaraan pick up yang punya mesin gahar dan body yang kokoh.

Modifikasi 'kendaraan tempur' ini kemudian diunggah oleh pemilik akun Ukraine Weapons Tracker @UAWeapons di Twitter. Dalam video tersebut nampak grafis perisai biru dengan trisula emas di bagian sisi samping dan depan mobil, yang menggambarkan lambang dari negara Ukraina.

BMW disulap jadi kendaraan perangBMW disulap jadi kendaraan perang Foto: Twitter @UAWeapons

Selebihnya, mobil ini tidak mendapat banyak perubahan signifikan. Hanya saja, pada bagian bagasi belakang dipasangi sebuah senapan mesin.

Dikutip dari Carscoops, senapan mesin yang dipasang di mobil tersebut merupakan tipe NSV era Uni Soviet yang memiliki ukuran 12,7 x 108 cm. Senapan mesin ini telah digunakan sejak 1971 dan sudah terlibat dalam banyak konflik di seluruh dunia.

Meski punya senapan mesin yang hebat, namun tidak dengan kendaraan yang dipakai. Tentu, mobil jenis convertible ini sangat tidak cocok dipakai sebagai kendaraan tempur di medan perang. Apalagi harus membawa beban senapan mesin yang berat di belakang, pastinya akan mempengaruhi akselerasi mobil.

Membahas spesifikasi mobil, BMW Seri 6 ini dibekali dengan mesin V8 berkapasitas 4.4 liter. Mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 325 hp dan torsi puncak mencapai 330 lb-ft. Sedan BMW ini mampu menempuh top speed hingga 243 km per jam, sementara itu dari angka 0-100 km per jam dibutuhkan waktu 5 detik.

Mykolaiv merupakan salah satu dari sejumlah kota di Ukraina yang menjadi tempat pertempuran dengan Rusia. Terbaru, sebuah serangan udara telah menewaskan sebanyak sembilan orang ketika tentara Rusia berhasil mencapai kota Kyiv dengan berjalan kaki.



Simak Video "Gokil! Sekali Ngecas, Mobil Listrik BMW Ini Bisa Tempuh Jakarta-Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)