Ada-ada Saja, Pria Ini Pasang Toilet di Toyota Fortuner Miliknya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 12 Agu 2021 21:02 WIB
Di Brasil Toyota Fortuner bisa dibarter dengan kedelai dan jagung
Seorang pria di India memodifikasi Toyota Fortuner miliknya dengan menambah fasilitas toilet Foto: Dok. Toyota Brasil
Jakarta -

Fasilitas toilet di kendaraan biasanya ada di bus-bus rute antar kota atau minibus dengan konsep campervan. Namun yang terjadi di India ini sungguh unik, di mana ada seseorang pengendara yang memasang toilet di mobil SUV, Toyota Fortuner, miliknya.

Modifikasi aneh itu dilakukan oleh pemilik akun YouTube Revokid Vlogs. Pada sebuah video yang diunggah 6 Agustus 2021 lalu, ia menjelaskan soal adanya tambahan fasilitas toilet di Fortuner facelift 2021 miliknya. Adanya toilet ini, sangat berguna bagi penumpang yang tidak siap menggunakan toilet umum saat melakukan perjalanan.

Toyota Fortuner dipasang toiletToyota Fortuner dipasang toilet Foto: Tangkapan layar YouTube Revokid Vlogs

Dikutip dari laman Cartoq, modifikasi tersebut dilakukan oleh bengkel Ojes, yang memang memiliki spesialisasi menggarap mobil karavan. Jika dilihat di video tersebut, toilet ini diletakkan di baris paling belakang di kursi sebelah kanan. Tentunya kursi bagian kanan tersebut dilengserkan dan diganti oleh sebuah kotak hitam kecil yang setelah dibuka ternyata memuat toilet jongkok. Yang menarik ada, kursi bagian kiri masih ada.

Untuk melakukan modifikasi ini, sang pemilik sedikit merenovasi bagian lantai. Mobil tersebut juga dilengkapi dengan tangki air khusus toilet. Bahkan jika mobil dikendarai di permukaan jalan yang tidak rata, air diklaim tidak akan tumpah ke dalam mobil. Penumpang yang ingin mengakses fasilitas ini harus melipat kursi baris kedua sebelah kanan. Dan yang pasti, fasilitas toilet ini hanya untuk kebutuhan buang air kecil saja.

Selain penambahan fasilitas toilet, Toyota Fortuner ini tidak mengalami ubahan yang serius. Ubahan yang terlihat pada modifikasi ini hanyalah ban. Ban bawaan mobil ini diganti dengan ban BF Goodrich AT (All Terrain) ukuran 18 inci. Selengkapnya, simak video di bawah ini.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)