Dapat Tugas Mulia, VW Kombi Ini Dimodifikasi Jadi Mobil Vaksin Keliling

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 20:59 WIB
VW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin keliling
Foto: Instagram @bingky_bikerstation. VW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin keliling.
Jakarta -

Mobil vaksin keliling jadi garda terdepan untuk mempercepat proses vaksinasi di Indonesia. Jika di DKI Jakarta ada mobil van Toyota HiAce yang digunakan untuk mobil vaksin keliling, kali ini ada lembaga swasta yang menggunakan VW Kombi untuk dijadikan mobil vaksin keliling.

Vaksinasi menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk pengentasan pandemi virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Berbagai lembaga swasta pun ikut berlomba-lomba melakukan program vaksinasi, salah satunya seperti yang digagas oleh 3 sekolah Ursulin di Jakarta, yakni Santa Theresia, Santa Ursula, dan Santa Maria. Ketiga sekolah ini menginisiasi program Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) 2021.

Salah satu program yang akan dijalankan SVS dalam waktu dekat adalah vaksinasi keliling. Menariknya, kendaraan yang dipilih melakukan tugas mulia ini adalah mobil klasik Volkswagen Kombinationskraftwagen (Type 2) atau disingkat VW Kombi.

VW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin kelilingVW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin keliling Foto: Instagram @bingky_bikerstation

Bagi yang belum tahu, VW Kombi merupakan mobil produksi kedua VW setelah Beetle. Mobil ini berjenis van dengan bentuk mengotak dan panjang. Masa produksi VW Kombi yakni 1950-2014. Di Indonesia, VW Kombi juga disebut sebagai VW Dakota.

Sebagai informasi, VW Kombi yang akan digunakan Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) untuk mobil vaksin keliling tersebut merupakan milik modifikator lokal, Bingky, dari Bikerstation.

"Itu aslinya VW Dakota tahun 1960. Itu sebenarnya terdiri dari dua mobil, terus dijadiin satu," ujar Bingky, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Jumat (30/7/2021).

Ya, mobil VW Kombi yang digunakan untuk vaksin keliling tersebut merupakan dua mobil yang digabung menjadi satu. Tak heran jika dari sisi visual, mobil ini tampak sangat panjang.

VW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin kelilingVW Kombi dimodifikasi jadi mobil vaksin keliling Foto: Instagram @bingky_bikerstation

"Mobil ini pakai ban enam buah, mesinnya masih asli 2.100 cc. Kemudian pakai dua karburator, yang lain original, termasuk bodinya. Hanya saja kita akan branding ulang sebagai mobil vaksin keliling," sambung Bingky, sambil menjelaskan jika mobil ini memiliki panjang sekitar 6,5 meter, mirip seperti bus Metro Mini medium.

Nantinya, pada awal bulan Agustus ini VW Kombi tersebut akan ikut bagian program vaksin keliling SVS. Target vaksin per mobil yakni 100 sp 150 akseptor per sekali kunjungan.

Untuk menjalankan tugas mulia tersebut, akan ada lima mobil VW yang dijadikan mobil vaksin keliling. "Ada bantuan juga dari teman-teman Volkswagen Indonesia dua unit VW Kombi, terus ada bantuan VW Caravelle, termasuk bantuan satu mobil ambulans," ujar Bingky.

[Gambas:Instagram]



(lua/din)