Mau Modifikasi Mobil? Ini Tips dari Modifikator JDM Asal AS

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 05 Jun 2021 20:20 WIB
Ryan Rywire Basseri, modifikator ternama asal Amerika Serikat.
Ryan Rywire Basseri, modifikator ternama asal Amerika Serikat. Foto: Pool.
Jakarta -

Rangkaian Road to Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 kembali digelar di kota Makassar pada Sabtu (5/6/2021). Acara yang digelar secara virtual ini menampilkan salah satu modifikator ternama asal Amerika Serikat, Ryan Rywire Basseri.

Sedikit informasi, Ryan Rywire Basseri adalah seorang tuner dunia spesialis modifikasi JDM asal Amerika Serikat yang juga memiliki rumah modifikasi bernama Rywire Motorsports Electronic. Dirinya pertama kali tampil pada ajang Specialty Equipment Market Association atau SEMA yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 2015 silam.

Dalam sesi Overseas Talk Show yang diselenggarakan IMX 2021 bersama Ryan Rywire Basseri, dia menyampaikan sejumlah hal mengenai modifikasi mobil. Ryan menyebut dalam memodifikasi mobil perlu mengedepankan beberapa poin penting.

"Bagi saya, ada sejumlah poin penting dalam memodifikasi mobil, namun yang terpenting semua harus cocok dan sejajar dengan konsep yang dibuat," ujar Ryan dalam sesi talk show secara virtual.

Bagi Ryan, dalam membangun mobil modifikasi harus dilakukan secara perlahan dan memperhatikan secara detail. Dirinya mengatakan, hasil modifikasi juga perlu memperhatikan fungsinya agar bisa digunakan.

Ryan Rywire Basseri, modifikator ternama asal Amerika Serikat.Ryan Rywire Basseri, modifikator ternama asal Amerika Serikat. Foto: Pool

"Jujur saya tertarik dengan mobil yang lebih fungsional dan dibangun secara perlahan serta memperhatikan detail penting. Hal ini agar mobil punya tampilan yang memukau dan bisa mendapat apresiasi banyak orang," tuturnya.

Ryan memberikan sejumlah tips bagi modifikator pemula dalam menggubah mobil lebih keren lagi. Komponen paling awal yang bisa dimodifikasi adalah bagian ban dan velg.

"Saya kira untuk para pemula bisa memulai modifikasi dari velg ataupun ban, karena hal itu adalah proses modifikasi yang utama bagi seorang pemula," ujar Ryan.

Dirinya menyebut jika ingin melakukan modifikasi pada bagian ban dan velg harus tampil agresif. Namun Ryan mengingatkan juga untuk tidak terlalu berlebihan, karena penggunaan ban dan ukuran velg mempengaruhi kenyamanan.

"Saya pikir dalam melakukan modifikasi ban dan velg harus berani tampil agresif, namun jangan berlebihan juga. Pada intinya melakukan modifikasi harus dibuat nyaman terutama di bagian ban dan velg," terangnya.



Simak Video "Bikin Pangling! Ini Wujud Suzuki Karimun 2 Pintu dari Ciputat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)