Cerita Pria Pakai Mobil 'Free Palestine' Sampai Disetop Polisi

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 25 Mei 2021 15:10 WIB
Mobil Modifikasi Free Palestine
Mobil Modifikasi Free Palestine. Foto: Instagram @cartrendz.ca.
Jakarta -

Ayman Rayan, pria yang lahir dan besar di Kanada menyematkan pesan khusus untuk kemerdekaan rakyat Palestina melalui modifikasi mobil. Mobil berkelir oranye itu dibuat untuk menyampaikan pesan dukungan kepada rakyat Palestina.

Mobil milik Ayman Rayan ini memiliki tulisan besar 'Free Palestine' di bagian samping mobil. Ini menjadi mobil yang paling banyak dibicarakan. Ayman sendiri yang mengerjakan modifikasi mobil dengan pesan kemerdekaan untuk rakyat Palestina itu. Ayman merupakan seorang modifikator mobil dengan bengkel modifikasi Cartrendz di Edmonton, Alberta, Kanada.

Mobil ini memiliki velg besar berukuran 32 inchi. Ditambah terdapat suspensi udara yang membuat mobil bisa naik-turun. Hal itu membuat mobil berbasis Lincoln Town Car tahun 1994 tersebut terlihat jangkung.

"Saya melihat apa yang terjadi di Palestina, dari sanalah orang tua saya berasal, dan berpikir bahwa jika mobil ini bisa menarik perhatian maka mungkin saya harus menaruh pesan politik di sana. Setelah itu menjadi viral, berkembang. Saya awalnya membangunnya untuk kesenangan dan bisnis, lalu saya menggunakannya sebagai platform, untuk mengirim pesan," jelas Ayman seperti dikutip The Progress Report.

[Gambas:Instagram]



"Saya tahu saya memiliki bisnis dan segalanya, tetapi saya tidak malu mengirimkan pesan politik kebenaran dan keadilan untuk dilihat semua orang. Saya tidak peduli jika saya kehilangan teman atau pengikut. Saya ingin mobil ini menjadi ikon untuk tunjukkan bahwa Anda dapat menggabungkan seni Anda, bisnis Anda, dan apa yang Anda sukai sehingga kami dapat menyebarkan kebenaran dan pesan positif kepada semua orang," sebutnya.

Mobil dengan tulisan besar 'Free Palestine' ini menjadi pusat perhatian di jalanan Edmonton, Kanada. Setelah viral, Ayman mengaku pernah diberhentikan polisi.

"Saya sedang meninggalkan tempat parkir dan sebuah truk polisi berhenti di tengah jalan, tidak ada lampu yang menyala, hanya berhenti. Saya menunggunya pergi tetapi dia memberi isyarat agar saya kembali ke tempat parkir, jadi saya lakukan. Dia mulai melihat mobil saya dari atas ke bawah seperti UFO yang mendarat dari luar angkasa," cerita Ayman.

Dia ditanya-tanya selama hampir satu jam. Akhirnya, Ayman ditilang karena beberapa alasan, di antaranya kaca yang berwarna gelap, bumper tinggi.

"Dia menganggap mobil saya tidak aman dan memberi saya daftar hal-hal yang harus diperbaiki. Saya tidak diizinkan untuk membawanya pulang (dengan dikendarai)," katanya. Sehingga dia harus membawa mobilnya menggunakan truk.

"Saya melakukan penelitian saya. Memperbaiki semua yang mereka minta. Mengirimkan email kepadanya. Akhirnya saya mendapat surat yang mengatakan bahwa karena informasi yang diberikan kepada Alberta Transportation (dinas transportasi Provinsi Alberta), jelas oleh polisi, bahwa kendaraan tersebut dianggap tidak aman. Untuk mengembalikan kendaraan ke jalan itu harus melalui pemeriksaan. Ini adalah pemeriksaan yang paling menyeluruh di mana Anda harus mengembalikan semuanya ke kondisi pabrikan. Anda akan melakukannya setelah kecelakaan mobil untuk mengembalikan mobil ke jalan," ujarnya. Intinya, lanjut Ayman, polisi tidak membolehkan mobil ini beredar di jalan.

Tak berselang lama, Ayman didatangi petugas polisi dan seorang inspektur dari Alberta Transportation di rumahnya. Mereka ingin memeriksa mobil Ayman untuk memastikan apakah aman.

"Saya dan saudara laki-laki saya dan ayah saya, yang tidak lagi bersama kami, menghadapi mereka. Kami meminta mereka untuk pergi. Mereka tidak melakukannya. Polisi itu mencoba mengintimidasi saya sementara inspektur itu mengenakan baju dan masuk ke bawah mobil saya. Akhirnya mereka pergi setelah dia berkata bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan," ungkap Ayman.

"Saya menelepon Alberta Transportation. Mereka sangat kasar, mereka tidak peduli. Tidak ada informasi yang diberikan," katanya.

Akhirnya, Ayman melupakan kejadian itu. Dia bilang akan membuat mobil yang sama lagi tetapi dengan cara yang berbeda. "saya menyelamatkan sebanyak yang saya bisa dari mobil tua dan kami membuat mobil yang Anda lihat sekarang," ucapnya.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)