Beroperasi Tanpa Henti, Ini Ambulans Berlogo Pemkot Padang di Palestina

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 18 Mei 2021 14:41 WIB
Jakarta -

Di media sosial tengah viral ambulans berlogo Pemerintah Kota Padang dan logo Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang membantu evakuasi korban serangan Israel di Palestina. Ambulans berlogo Pemkot Padang dan logo ACT tersebut adalah sumbangan warga Padang.

Ambulans yang dipakai untuk membantu evakuasi korban di Palestina ini merupakan Hyundai Starex Mover. Hyundai Starex Mover memang menjadi mobil MPV serbaguna yang bisa dimodifikasi untuk menjadi ambulans.

Ambulans Hyundai Starex Mover untuk evakuasi korban di Palestina itu dibeli pada 2020. Dikutip dari laman resmi ACT, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Kota Padang Aan Saputra menjelaskan, donasi untuk ambulans digalang pada Januari hingga Mei 2020. "Ambulans dari para dermawan dan Pemerintah Kota Padang dibeli dan dimodifikasi langsung di Palestina," kata Aan.

Disebutkan, ambulans ini dipakai di hampir seluruh daerah di Gaza Utara untuk memberikan layanan medis. Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap. Said Mukaffiy mengatakan, ambulans ini sudah menjangkau daerah-daerah yang terkena serangan seperti di Jabalia, Beit Hanoun, dan Beit Lahia.

"Ambulans ACT-Pemkot Padang juga ambil serta dalam aksi kemanusiaan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan mengantarkan korban menuju rumah sakit di wilayah Gaza," kata said.

Menurutnya, di masa-masa sulit seperti ini, ambulans beroperasi tanpa henti untuk memastikan agar tidak ada korban yang tidak mendapatkan layanan kesehatan.

Tak cuma mengevakuasi korban, pada Senin (17/5/2021), ambulans mengantar perempuan dan anak-anak yang berjalan kaki menuju sekolah Om Al Naseer Elementary School di daerah Al Naseer, Gaza Utara. Tim ambulans ACT memberikan tumpangan kepada perempuan dan anak-anak tersebut agar bisa sampai di sekolah dasar Al Naseer lebih cepat.

Ambulans Hyundai Starex Mover ini dibekali dengan perlengkapan medis seperti monitor (vital signs), tabung oksigen, pulse oximeter, hingga alat pengukur tekanan darah. Semua alat ini merupakan alat medis yang menunjang pelayanan tim medis.

Hyundai sempat menjual Starex Mover di Indonesia. Beberapa ambulans yang beredar di Indonesia juga menggunakan Hyundai Starex Mover. Di atas kertas, mobil ini menggunakan mesin tipe A2 - 2.5 CRDI WGT berkapasitas 2.497 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 136 PS dengan torsi maksimal 334 Nm.

(rgr/din)