Gagah Banget, Toyota RAV4 Ini Dimodifikasi Jadi Mobil Penyelamat

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 25 Jan 2021 19:18 WIB
Modifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescue
Modifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescue.Foto: Toyota
Jakarta -

Terjadinya pandemi virus Corona membuat gelaran Tokyo Auto Salon 2021 dilangsungkan secara virtual pada 15-17 Januari. Meski terasa kurang meriah, pameran ini tetap menyajikan karya-karya modifikasi mobil yang jempolan. Contohnya seperti Toyota RAV4 yang dimodifikasi jadi kendaraan penyelamat atau Mountain Rescue.

Modifikasi Toyota RAV4 ini dipamerkan di stan Toyota Industries. Mengusung nama 'RAV4 5D Adventure', mobil ini didesain menjadi kendaraan yang bisa digunakan untuk penyelamatan di wilayah gunung. Dengan modifikasi ini, diharapkan bisa mengantarkan tim penyelamat ke lokasi kejadian dengan andal dan aman.

Modifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescueModifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescue Foto: Toyota

Oleh sebab itu berbagai item aksesori telah ditambahkan ke interior dan eksterior, sehingga membuat dimensi mobil ini jadi bertambah, dengan panjang keseluruhan 4.680 mm x lebar keseluruhan 1.865 mm x tinggi keseluruhan 1.890 mm (termasuk lampu patroli).

Di bagian eksterior, suspensi dan lingkar roda telah disesuaikan agar bisa digunakan berkendara dalam cuaca buruk di daerah pegunungan. Bagian bumper depan dan bumper belakang juga diubah desainnya sehingga lebih kekar dan berkarakter. Di bagian atap terdapat lampu tambahan untuk meningkatkan sistem pencahayaan.

Modifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescueModifikasi Toyota RAV4 jadi mobil rescue Foto: Toyota

Fungsi tambahan lainnya adalah fungsi AR (Augmented Reality) yang mendukung pengendaraan dalam cuaca buruk dengan menampilkan rintangan dan jalur di kaca depan, serta antar-muka yang membaca pergerakan kendaraan dan orang lain, dengan menghubungkannya dengan smartphone.

Menariknya lagi, mobil ini juga bisa mengendalikan drone untuk menjangkau lokasi-lokasi yang sulit diakses. Wah, fiturnya lengkap banget ya detikers.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)