Rabu, 14 Okt 2020 17:17 WIB

Rumah Berjalan, Innova Dimodif Punya Dapur-Toilet

Ridwan Arifin - detikOto
Modifikasi Toyota Innova punya dapur hingga toilet Modifikasi Toyota Innova punya dapur hingga toilet Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki
Kerala -

Motorhome atau recreational vehicle (RV) biasanya menggunakan sasis kendaraan niaga atau minibus dengan desain berbentuk kotak. Tapi ada lho Innova yang didesain multifungsi layaknya di rumah.

Mengutip Cartoq, Rabu (14/10/2020) pemilik Toyota Innova G4 model tahun 2005-2009 itu ialah kanal Youtube Travel with Abdukka dari Kerala, India.

Dia telah memodifikasi Toyota Innova layaknya rumah berjalan. Alasannya karena Abdukka sering bepergian, namun ingin tetap aman selama pandemi.

Toyota Innova yang dimodifikasi terlihat tidak banyak merubah banyak bentuk dari segi eksterior maupun interior. Namun, di dalamnya sudah dilengkapi dengan tempat tidur, toilet, hingga dapur.

Meski ditambah banyak hal, Innova ini tetap bisa menampung hingga 5 penumpang tanpa masalah. Ubahannya yang paling besar terjadi pada baris ketiga ke belakang.

Dalam video tersebut, pria ini menunjukkan perubahan yang dilakukan pada bagian belakang. Pertama-tama, ia mengeluarkan rak yang memiliki kompor gas di atasnya. Kemudian dan laci di bawahnya untuk menyimpan perlengkapan memasak dan makan.

Modifikasi Toyota Innova punya dapur hingga toiletModifikasi Toyota Innova punya dapur hingga toilet Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki

Di samping kompor gas, pria itu mengeluarkan wastafel dengan air mengalir. Bahkan ada juga talenan yang bisa ditarik keluar dan berfungsi sebagai meja makan.

Air itu keluar dari penampungan berkapasitas 40 liter dan disertai pompa kompresor guna memberi tekanan untuk aliran air.

Modifikasi Toyota Innova punya dapur hingga toiletToilet portable di Toyota Innova Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki

Innova ini juga dipasang toilet kering portable yang ditempatkan di bagian belakang kendaraan. Pria itu mencontohkan bagaimana posisi ketika Buang Air Besar menggunakan toilet portable tersebut di dalam mobil. Uniknya, toilet portable itu juga bisa digunakan di dalam kendaraan atau bisa dibawa keluar untuk ditempatkan di dalam tenda.

Untuk tempat tidur, pemiliknya memodifikasi kursi belakang sehingga mudah dilipat serta menempatkan kasur tidur ukuran ganda. Innova ini juga diberi socket tambahan yang digunakan untuk memberi daya pada kipas kecil atau mengisi daya perangkat.

[Gambas:Youtube]



Perlu waktu 15 hari untuk mengubah Innova menjadi rumah berjalan. Sayangnya, tidak diinformasikan total biaya yang harus dikeluarkan untuk memodifikasi mobil tersebut.

Lewat motorhome-nya ini, Abdukka berencana untuk bepergian bersama keluarga. Menuntaskan perjalanan di wilayah Kerala dan kemudian menjelajah ke seluruh India.

Bagaimana menurut detikers?



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com