Minggu, 10 Mei 2020 14:10 WIB

Modifikasi Mobil Ini Bisa Cegah Penularan Virus Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Partisi Interior Mobil untuk Cegah Penularan Corona Partisi pencegah penularan virus Corona. Foto: Dok. BAV Luxury Auto Design
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) masih melanda Indonesia. Mobil bisa menjadi salah satu media penularan COVID-19. Droplet dari penderita virus Corona bisa saja menempel di beberapa bagian mobil sehingga memungkinkan menularkan ke penghuni mobil lain.

Berbagai cara bisa dilakukan pemilik mobil untuk menangkal virus Corona. Bisa dengan rutin membersihkan mobil, atau memodifikasi kabin mobil untuk menghindari penularan virus Corona.

Kali ini, rumah modifikasi interior kendaraan BAV Luxury Auto Design memodifikasi kabin mobil untuk mencegah penularan virus Corona. Modifikasi interior yang digagas seorang wanita bernama Iranidya ini memisahkan antara ruang kemudi dan kabin penumpang di bagian belakang.

Disebutkan, kabin mobil rawan terjadi penularan virus antara sopir dengan penumpang di kabin baris kedua atau ketiga. Iranidya yang menjabat sebagai Creative Director di BAV Luxury Auto Design pun membuat partisi agar tak terjadi penularan virus di dalam mobil.

Partisi Interior Mobil untuk Cegah Penularan CoronaPartisi Interior Mobil untuk Cegah Penularan Corona Foto: Dok. BAV Luxury Auto Design

"Selain berfungsi sebagai privasi penumpang dan (sarana) entertainment (hiburan), sekat ini dapat melindungi penumpang dari droplet virus," kata wanita yang akrab disapa Ira seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, Minggu (10/5/2020).

Menurut Ira, sekat partisi saja tidak cukup untuk mencegah penularan virus jika sistem udara AC antara sopir dan kabin penumpang masih sama. Untuk itu, saluran AC dimodifikasi sehingga embusan udara AC untuk area sopir dan penumpang terpisah.

"Untuk berkomunikasi antara sopir dan penumpang dapat melalui interkom ataupun apabila diperlukan terdapat sekat double partition dengan kaca electric ataupun TV electric yang dapat dinaik-turunkan dengan switch," jelas Ira.

Partisi Interior Mobil untuk Cegah Penularan CoronaPartisi Interior Mobil untuk Cegah Penularan Corona, saluran udara AC juga dipisahkan. Foto: Dok. BAV Luxury Auto Design

Adapun mobil yang bisa dimodifikasi dengan partisi dan saluran AC terpisah itu adalah mobil-mobil mewah, antara lain Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Toyota Hi-Ace, Mercedes-Benz Viano, Mercedes-Benz Vito, Mercedes-Benz Sprinter hingga Hyundai H1.

BAV Luxury Auto Design menyebut, kendaraan jenis SUV juga bisa disekat dengan mengganti konfigurasi dan jenis jok.

Selain mencegah penularan virus Corona, modifikasi seperti ini juga membuat kabin mobil lebih mewah dan nyaman. Jok mobil modifikasi itu dilengkapi dengan fitur yang nyaman seperti electric recline, legrest, serta massage (jok yang bisa memijat). Bahkan, untuk beberapa mobil seperti Mercedes Vito, joknya bisa direbahkan hingga 180 derajat menjadi kasur untuk beristirahat.



Simak Video "Komunitas Nightlife Carz, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com