Jumat, 20 Sep 2019 13:41 WIB

5 'Bahan' Mobil yang Asyik Diajak Ngesot

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rio/detikOto Foto: Rio/detikOto
Jakarta - Dipo Dwiki menjadi salah satu drifter profesional Tanah Air, buat yang tertarik menjadi dalam dunia olahraga kepot. Pasti yang pertama kali dipersiapkan untuk olahraga ini adalah mobilnya. Sebagai bahan, Dipo merekomendasikan lima mobil yang asyik diajak drifting alias ngepot.

Ia mengatakan untuk mendapatkan teknik oversteer agar bisa ngepot harus mobil yang berpenggerak roda belakang (RWD).

"Sebenarnya di Indonesia ini kan tren mobil berpenggerak roda belakang agak jarang. Jadi untuk mobil drifting dari keseharian orang Indonesia rada susah, karena kebanyakan front wheel drive," ujar Dipo beberapa waktu yang lalu di Jakarta.



Berikut mobil yang direkomendasikan Dipo yang relatif mudah untuk ditemukan di Indonesia. Pertama, adalah Nissan Cefiro. Meski di jalanan Indonesia mobil ini terlihat biasa, bagi drifter mobil ini bisa menjadi luar biasa.

"Yang paling mudah untuk jadi mobil drifting itu Nissan Cefiro, dan nggak begitu langka. Mobilnya bisa dicari," tutur Dipo.


Selanjutnya adalah menggunakan platform dari BMW. Umumnya mobil ini juga banyak digunakan para drifter.

5 'Bahan' Mobil yang Asyik Diajak NgesotFoto: M. Luthfi Andika


"BMW E36 dan E46 juga masih banyak," kata Dipo.

Lebih lanjut Dipo merekomendasikan mobil yang masih jarang digunakan drifter. Yaitu Toyota Mark X, pertama kali debut pada tahun 2004 sebagai penerus dari Toyota Mark II. Mark II sendiri pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1968.

Toyota Mark XToyota Mark X Foto: Toyota


Mobil ini terbilang langka di Indonesia karena hanya terjual ratusan unit dan saat ini sudah tidak lagi dijual oleh Toyota.

Toyota Mark XToyota Mark X Foto: Pool (carscoops)


"Lalu ada satu lagi yang rada kurang terlihat di radar, ini Toyota Mark X. Belum ada yang buat di sini, untuk project masih masuk akal, tidak terlalu mahal. Dan penggerak roda belakang. Nggak terlalu langka juga tapi beredar di sini, di Jepang banyak yang pakai," tutur Dipo.

Nissan Silvia modifikasi Nissan Silvia modifikasi Foto: Ridwan Arifin


Terakhir ia merekomendasikan mobil drift yang ia gunakan sendiri, yakni Nissan Silvia. Seperti yang diketahui mobil ini semakin dikenal saat tampil di film The Fast and The Furious: Tokyo Drift.

"Nissan Silvia, seperti mobil yang saya pakai. Cuma sayangnya di sini sudah agak jarang," kata Dipo.



Simak Video "Nonton Aksi Drifter Ternyata Seru Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com