Senin, 03 Des 2018 11:42 WIB

Indonesia Automodified

Raja Modifikasi di IAM 2018, Toyota 86 Berjantung Corvette

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota 86 bermesin Corvette. Foto: Rifikianto Nugroho Toyota 86 bermesin Corvette. Foto: Rifikianto Nugroho
Jakarta - Dentuman suara knalpot yang gahar disertai alunan musik dari Disc jockey terhenti. Menandakan rangkaian acara modifikasi mobil terbesar di Indonesia, Indonesia Automodified (IAM) 2018 sudah selesai. Lebih dari 250 mobil modifikasi yang terdaftar, terpilih dua nama untuk menjadi King dan Best Player.

Tentu tak mudah juga dewan juri untuk memutuskan hal tersebut. Setelah melewati berbagai pertimbangan, terpilih lah Toyota GT86 bermesin Corvette (V8) dan Honda Jazz karya Platinum Auto Work Shop sebagai King dan Best Player IAM 2018.


Tak cukup mengherankan sebenarnya mengingat sudah cukup banyak pengunjung yang telah memperkirakan kedua mobil tersebut bakal menjadi juara. Soalnya modifikasi yang dibuat tidaklah tanggung-tanggung.

Toyota 86 bermesin V8 dari General Motors (GM) misalkan. Mobil itu sudah meninggalkan mesin boxer 4 silinder dan kini, tenaganya tembus 400 daya kuda. Seluruh bodinya pun sudah dibalut oleh serat karbon.

"Jadi mesinnya raw, dia masih bahan, kita bikin 6.200 cc. Tapi sekarang pakai piston kompresi rendah karena ini mau dipasang supercharge. Tapi supercharger-nya belum datang. Ini kita bikin engine mounting baru, dudukan girboks baru. Girboks juga 6 speed manual bikinan GM juga," kata Ican kepada detikOto.


Berapa taksiran modifikasinya, ya? Diperkirakan mobil itu menghabiskan kocek hingga Rp 1 miliaran.

Sedangkan untuk Best Player yang disabet oleh Honda Jazz karya Platinum Auto Work adalah modifikasi berkonsep Rocket Buny yang menghabiskan kocek sekitar Rp 400 jutaan. Hal itu karena hampir semua sektor di mobil diubah kecuali bodinya.

Foto: Rifkianto Nugroho


"Misalnya mesin, sudah kami swap (ganti) dengan mesin Accord berkode K24," ujar sang builder Andra.

Mesin baru tersebut juga sudah dipasangi turbo dan di dalam kabin, sudah ada tabung NOS yang siap untuk menambah daya akselerasi mobil.


Perihal kaki-kaki, mobil sudah didukung air suspension 4 channel sehingga mobil masih bisa digunakan sehari-hari. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed