Mau Modifikasi Mobil? Bagian Ini Jangan Pakai Komponen Palsu

Ruly Kurniawan - detikOto
Selasa, 31 Jul 2018 11:10 WIB
Indonesia Automodified (IAM) Batam 2018. Foto: Ruly Kurniawan
Batam - Modifikasi kendaraan yang baik bukan hanya modal kecantikan. Namun juga harus tetap proper atau tidak membahayakan orang lain bila digunakan sehari-hari. Jadi meskipun kendaraan khususnya mobil banyak yang diubah, ada beberapa komponen yang harus tetap original.

Dikatakan Jason Walanda dari Kandas Genk, modifikasi mobil jangan hanya cantik tampilannya. Tapi komponen untuk keamanannya juga harus tetap terjaga dengan cara tidak menggantikannya dengan barang palsu atau KW.



"Menurut saya, bagian kaki-kaki di mobil harus tetap original walaupun interior atau eksterior tidak ori. Seperti rem, pelek, per, dan lainnya," katanya ketika berbincang bersama detikOto di Mega Mall Batam, Batam, akhir pekan kemarin.

"Alasannya pelek harus ori itu karena kalau kenapa-kenapa di jalan, nge-hajar lubang dan sampai kempes, dia tidak langsung retak di tempat. Jadi penumpang aman," tambahnya.

Sedangkan untuk bagian rem, ucap pria yang mengubah tampilan keseluruhan Nissan Skyline tahun 1997 ini, beli-lah copotan yang ori namun besar.



"Tapi kalau ada dana lebih, ya beli di aftermarket yang bagus. Kalau belum bisa, ya beli yang copotan dan ori, tapi besar. Ya, basically kalau mau modif mobil kaki-kaki jangan sekali-sekali beli yang tidak original deh. Bahaya," ucap Jason

"Kalau untuk mempercantik seperti jok, setir, dan lainnya oke lah. Beli barang ori itu juga nggak harus yang paling mahal, kok," tutupnya. (ruk/rgr)