Sabtu, 28 Jul 2018 18:49 WIB

Ratusan Mobil Modifikasi Bergaya Stance Panaskan Batam

Ruly Kurniawan - detikOto
Indonesua Automodified Batam 2018 Foto: Ruly Kurniawan Indonesua Automodified Batam 2018 Foto: Ruly Kurniawan
Batam - Indonesia Automodified (IAM) kembali menggelar pameran dan kompetisi mobil modifikasi se-Indonesia. Setelah mengadu para mobil modifikasi di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, Malang, dan Medan, kini giliran Batam yang unjuk gigi.

Ratusan mobil modifikasi terlihat sudah unjuk gigi di Mall Mega Batam pada 28-29 Juli 2018. Paling tidak ada 124 mobil dimana 60 mobil diikutkan ke kompetisi audio mobil HINSound&Style dan 64 sisanya berfokus pada modifikasi. Secara keseluruhan, mobil para pecinta modifikasi di Batam bergaya stance atau fitment dan performance.



"Modifikasi di Batam ini rata-rata bergaya stance atau fitment dan performance, cukup berbeda dari kota lainnya. Ada beberapa juga yang JDM," ucap panitia IAM, Husna Sugiana kepada detikOto di Batam, Sabtu (28/7/2018).

Modifikasi bergaya stance adalah aliran modifikasi mobil yang menitik beratkan pada sektor kaki-kaki dan kombinasi pelek dengan ban. Sehingga, walaupun ceper mobil tampak masih proper karena perpaduan bodi, kaki-kaki, serta pelek tidak terlalu kontras.



"Intinya, modifikasi aliran ini lebih menekankan ke sektor undercarriage atau kaki-kaki. Jadi bagaimana membuat posisi mobil jauh lebih menapak dan menurut pemodifikasinya lebih pas dan enak dilihat," ucap Husna.

"Ukuran pelek menentukan di modifikasi ini, termasuk proporsinya dibanding ukuran mobil. Belum lagi ubahan pada bodi untuk mengakomodir perubahan pelek tersebut (misal radius fender, hingga wide body)," tambahnya.



Selain itu, terlihat juga berbagai mobil jadul dan merek premium hadir dihelatan tersebut. Seperti Lexus, Infinity, BMW, Mercedes-Benz, sampai Holden.

Indonesia Automodified Batam 2018Indonesia Automodified Batam 2018 Foto: Ruly Kurniawan


Pada kontes modifikasi ini tak hanya diramaikan oleh modifikator asal Batam. Beberapa dari mereka juga datang dari Balai Karimun, Riau. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com