Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 07 April 2017, 15:14 WIB

Ketika di Mobil Tidak Ada Tuas Pembuka Tutup Tangki BBM

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ketika di Mobil Tidak Ada Tuas Pembuka Tutup Tangki BBM Foto: dok detikOto
Jakarta - Hal ini biasanya terjadi di mobil keluaran lama. Pemilik mobil harus keluar dari mobilnya, memutar tutup tangki dengan kunci saat mau mengisi bensin. Nah bagaimana jika pemilik mobil lama ingin memodifikasi tutup tangki atau fuel cap agar bisa dibuka dengan tuas atau tombol dari dalam mobil?

"Kalau menurut saya itu pakai sistemnya adalah solenoid, dimana itu cara kerjanya pake elektrik, jadi enggak model mekanik, tapi campuran mekanik dan elektronik, jadi orang bilang mekatronik," ujar pemilik G-Speed, Galih Laksono kepada detikOto, di Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (6/4/2017).

Tombol pembuka tutup tangki di mobil keluaran baru biasanya ada di pintu atau di bawah jokTombol pembuka tutup tangki di mobil keluaran baru biasanya ada di pintu atau di bawah jok Foto: Dadan Kuswaraharja


Cara kerja sistemnya sendiri dikatakan Galih cukup sederhana. Hanya menyematkan aliran kabel yang terhubung dari tombol ke sektor dalam bagian fuel cap.

"Percis cara kerjanya dengan bukaan pintu silde door gitu. Dipencet gitu dia ada semacam kayak alat yang isinya kumparan, dikasih listrik sehingga alat itu kayak dipencet, lalu dia maju begitu, lalu ngebuka," tuturnya.

Untuk bentuknya sendiri menurut Galih kemungkinan terdiri dari tuas dengan kabel-kabel, yang biasanya dibuat lebih panjang.

"Kayak relay. Kalau relay kan dia mekatronik, begitu magnetnya kerja dia kan engkolnya ada yang ketarik, (sistem) ini juga. Bedanya kalau relay dia kontak sama switch di hidupkan dia nempel, kalau ini dia narik tuas, nanti otomatis terbuka," kata Galih.

Sebagai informasi, sistem Solenoid ini merupakan elemen kontrol yang paling sering digunakan dalam sistem fluida. Seperti pada sistem pneumatik, sistem hidrolik ataupun pada sistem kontrol mesin yang membutuhkan elemen kontrol otomatis.

Contohnya pada sistem pneumatik, solenoid valve bertugas untuk mengontrol saluran udara yang bertekanan menuju aktuator pneumatik (cylinder).

"Yang biasanya diputer (fuel cap), dia cuma diplek (tekan), kebuka. Dan itu biasanya kedap, jadi vakum, artinya udara yang mengalir ke dalam tangki itu ngumpul dia sehingga nantinya mempermudah sistem tersebut. Kayak buka minuman soda aja gitu kan, kalau dikocok udaranya ngumpul dan pas dibuka bunyi cess gitu kan," pungkas Galih (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed