Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 02 April 2017, 08:10 WIB

Indonesia Automodified

Puluhan Mobil Modifikasi Bersaing di Kediri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Puluhan Mobil Modifikasi Bersaing di Kediri Foto: Indonesia Automodified
Kediri - Sabtu-Minggu 1-2 April 2017, Insumo Kediri Convention Center akan dipenuhi puluhan peserta pameran dan kontes mobil modifikasi terbesar Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2017. Kediri menjadi kota ketiga pelaksanaan IAM MBtech setelah Surabaya dan Lombok.

Selain puluhan mobil modifikasi, pada putaran kali ini akan digelar pula kompetisi audio HINSound&Style by CAN. Perhelatan IAM MBtech Kediri akan diikuti berbagai klub/workshop yang berasal dari kota Kediri maupun kota-kota lain seperti Surabaya, Jogjakarta, Semarang, dan lain-lain, diantaranya 88 Auto Project, Point 888, BJG Catalunya, Begundal Tuning, Timeout, Auto Concept, GLOS, Maxxio, Flo Distro, ASalvo, RMobil, Freedom, Autotech SMC, Revenge, Wan2Try, SpeedFreak, Bee Sticker Kediri, KDGI, Angkasa Jaya, dan lain-lain.

Selain memamerkan mobil-mobil modifikasi terbaik di Indonesia maupun produk-produk aftermarket otomotif di tiap serinya, kompetisi modifikasi yang tahun ini memperebutkan lebih dari 150 awards bergengsi tetap menjadi urat nadi IAM.

Untuk menjaga kenetralan serta kredibilitas penjurian dari ratusan event yang diselenggarakan HIN Promosindo yang telah terbentuk baik selama ini, pihak penyelenggara akan kembali mendatangkan juru independen dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, maupun Indonesia pada beberapa seri.

Penilaian atas modifikasi dilihat dari 7 sektor yang meliputi Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta Overall Presentation. Keseluruhan 150 awards tersebut merupakan apresiasi untuk mobil-mobil modifikasi yang berkompetisi dengan berbagai aliran, dari stance/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme. Selanjutnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). Poin ELITE bersifat akumulatif dari 20 kota penyelenggaraan IAM MBtech 2017 di Indonesia, untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai Rupiah senilai equivalen USD1 untuk tiap poin yang dikumpulkan.

Selain dapat ditukarkan menjadi uang dolar Amerika, Elite point yang berhasil dikumpulkan peserta juga dapat ditukarkan menjadi berbagai merchandise / produk menarik. Sebagai ilustrasi, dalam satu seri penyelenggaraan, sebuah mobil yang memiliki modifikasi ekstensif dapat mengumpulkan ratusan poin HIN ELITE, sehingga bila diakumulasikan, dapat terkumpul ribuan poin senilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah di putaran final IAM MBtech 2017 yang akan berlangsung di Jakarta pada akhir tahun.

Di samping kompetisi utama tersebut, produsen kulit sintetis MBtech juga akan menggelar MBTECH AWARDS - The Best Car's Interior yang akan memilih 3 interior peserta terbaik yang menggunakan jok kulit sintetis merek MBtech, juga merek automotive lighting Autovision yang akan mengadakan AUTOVISION AUTOLIGHTUP 2017 untuk memilih 2 mobil dengan modifikasi pencahayaan yang menggunakan produk Autovision terbaik di tiap seri penyelenggaraan IAM MBtech 2017.

Spesial dalam rangkaian perayaan 110 tahun Daihatsu, pada seluruh penyelenggaraan event IAM MBtech 2017 juga akan diikuti kompetisi satu merek Daihatsu Dress-up Challenge (DDC). Kompetisi DDC terbuka untuk semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor, alias tidak dibatasi jenis maupun tahun pembuatannya, untuk memilih 5 mobil Daihatsu dengan modifikasi terbaik dan paling ekstensif di tiap kota penyelenggaraan IAM MBtech 2017.

Selain total hadiah hingga Rp 160 juta hingga putaran final, mekanisme ini sekaligus menjadikan Daihatsu Dress-up Challenge sebagai kompetisi satu merek terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia.

Selain itu, di sejumlah seri IAM MBtech 2017 juga akan diadakan Daihatsu Trade-in Day, dimana bagi pengguna Daihatsu maupun pemiliki mobil lain dengan merek dan tipe apapun, tidak perlu repot-repot menjual mobilnya terlebih dahulu untuk mendapatkan mobil baru Daihatsu karena Daihatsu akan menghargai mobil lama hingga Rp 3 Juta lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh Daihatsu U-Car Mobil88 melalui program subsidi yang diberikan Astra Daihatsu Motor (syarat dan ketentuan berlaku). Tidak hanya itu, di 3 kota yakni Surabaya, Bandung, dan Jakarta, pembeli juga akan mendapatkan shopping voucher senilai 500 Ribu Rupiah, atau diskon spesial di kota-kota lainnya.

Berbagai program acara lain yang bisa disaksikan adalah kompetisi audio mobil HINSound&Style yang diselenggarakan bekerjasama dengan Car Audio Network (CAN), serta Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), HIN DJ Hunt, serta HINGirlfriends, Photography & Indonesia Make-up Competition bekerjasama dengan Mustika Ratu. Bersama dengan ratusan mobil modifikasi yang dipamerkan, keseluruhan program acara tersebut akan dinantikan ratusan peserta dan belasan ribu pengunjung yang akan hadir di setiap kota penyelenggaran Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2017.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +