Awas Kaget Lihat Hasil Uji Tabrak SUV Mungil Honda WR-V

ADVERTISEMENT

Awas Kaget Lihat Hasil Uji Tabrak SUV Mungil Honda WR-V

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 20 Jan 2023 16:19 WIB
Honda WR-V diuji tabrak
Honda WR-V diuji tabrak dapat hasil 5 bintang Foto: ASEAN NCAP
Jakarta -

Honda WR-V sudah melantai di Indonesia sejak November 2022 lalu. Penasaran bagaimana skor Honda WR-V usai dites uji tabrak?

Menariknya mobil yang menjadi kompetitor Toyota Raize hingga Daihatsu Rocky di kelas small SUV ini sudah menjalani uji tabrak dalam program ASEAN NCAP (New Car Assesment Program for Southeast Asia) pada 20 Januari 2023.

Honda WR-V melewati serangkaian uji tabrak dari bagian depan hingga samping. Pengujian juga termasuk menyoal fitur-fitur keselamatan. Hasilnya SUV mungil buatan Karawang, Jawa Barat itu meraih peringkat 5-Star ASEAN NCAP dengan akumulasi skor 77,07 poin. Mobil yang diuji WR-V RS with Honda Sensing.

Bila dirinci small SUV ini meraih 34.26 poin (nilai maksimal 40) untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 16.78 (nilai maksimal 20) untuk Child Occupant Protection (COP), skor 15.58 (dari maksimal 20) untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 10.45 (dari maksimal 20) untuk Motorcyclist Safety (MS).

ASEAN NCAP menyebutkan WR-V yang berada di bawah satu tingkat dari HR-V punya fitur keselamatan yang baik. Sebab WR-V dilengkapi dengan perlengkapan standar 4 airbag, apalagi Honda WR-V RS with Honda Sensing ditawarkan dengan 6 airbag.

SUV 5-seater ini juga dibekali fitur-fitur standar seperti Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang depan dan teknologi Pedestrian Protection di semua variannya.

SUV ini menawarkan teknologi baik sebagai perlengkapan standar atau opsional di semua varian yaitu Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW) dan Child Presence Detection (CPD).

Selain itu, teknologi bantuan keselamatan lainnya yang dilengkapi WR-V baik perlengkapan standar maupun opsional, yang dinilai dalam kategori motorcycle safety adalah Blind Spot Visualization (BSV) di sisi penumpang kendaraan, Auto High Beam (AHB) dan AEB for Motorcycle.

"Selamat kepada tim Honda yang tidak hanya memastikan keselamatan penumpangnya, tetapi juga berinisiatif untuk memasukkan fitur keselamatan tambahan untuk menghindari tabrakan dengan pengguna jalan lain yaitu BSV, AHB dan AEB for Motorcycle. Apalagi dengan penyertaan teknologi CPD yang disematkan di dalam kendaraan, SUV kompak ini memang cocok menjadi mobil pertama bagi keluarga baru. Dengan teknologi tersebut, kejadian seperti anak-anak yang tidak sengaja tertinggal di dalam mobil dapat dihindari," bunyi pernyataan ASEAN NCAP dikutip Jumat, (20/1/2023).

Sebagai informasi ASEAN NCAP, merupakan program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara. Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

Misalnya Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. Kecepatan uji tabrakan adalah 64 km/jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test, dilakukan dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 km/jam.

Honda kerap mendapat predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP yaitu All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V pada bulan September 2022 dan Honda CR-V pada tahun 2017.

"Pencapaian yang diraih Honda WR-V menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor.



Simak Video "Alasan Honda WR-V Pakai Mesin 1.500 cc Tanpa Turbo"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT