Mobil Nasional Vietnam Dites Tabrak, Begini Hasilnya

ADVERTISEMENT

Mobil Nasional Vietnam Dites Tabrak, Begini Hasilnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 08 Nov 2022 20:40 WIB
Mobil listrik Vietnam Dites Tabrak
Tes tabrak mobil listrik Vietnam (Foto: Dok. ASEAN NCAP)
Jakarta -

ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) kembali melakukan pengujian terhadap mobil yang dijual di kawasan ini. Kali ini adalah mobil listrik VF e34 yang diproduksi oleh pabrikan mobil nasional Vietnam, VinFast.

Mobil listrik tersebut saat ini dijual di pasar Vietnam. ASEAN NCAP menilai, SUV bertenaga listrik ini menunjukkan performa mengesankan. Totalnya, VinFast VF e34 meraih peringkat Bintang 4 dari ASEAN NCAP dengan skor akumulasi 78,99 poin.

Skor total mobil listrik asal Vietnam ini terdiri dari 35,92 poin dari kategori penilaian perlindungan penumpang dewasa (nilai maksimal 40,00), 17,71 poin dari perlindungan penumpang anak-anak (nilai maksimal 20,00 poin), 12,86 poin dari kategori safety assist (nilai maksimal 20,00 poin) dan 12,50 poin dari penilaian keselamatan untuk pengendara sepeda motor (nilai maksimal 20,00 poin). Dengan skor ini, VF e34 dianugerahi peringkat ASEAN NCAP Bintang 4.

Mobil SUV bertenaga listrik asal Vietnam ini dibekali dengan beberapa fitur keselamatan seperti enam buah airbag, sistem pengingat sabuk pengaman untuk penumpang denan dan belakang, electronic stability control (ESC), dan Anti-lock Braking Sistem (ABS).

Selain itu, VinFast e34 juga memiliki teknologi bantuan keselamatan canggih yang tersedia sebagai fitur standar seperti e-Call, Lane Departure Warning (LDW) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Ada juga fitur tambahan Blind Spot Detection (BSD) yang membantu penilaian perlindungan pengendara sepeda motor jadi lebih baik. VF e34 juga memiliki Auto High Beam (AHB).

"ASEAN NCAP mengucapkan selamat kepada VinFast karena telah memasang teknologi BSD dan e-Call sebagai perlengkapan standar di dalam mobil ini. Karena Vietnam adalah salah satu negara di kawasan ASEAN dengan jumlah sepeda motor terdaftar tertinggi di jalan, pemasangan BSD di kedua sisi kendaraan akan dapat membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan dengan pengendara sepeda motor di jalan terutama selama manuver perpindahan jalur. Selain itu, pemasangan e-Call tentunya menjadi nilai tambah bagi pemilik kendaraan karena dapat melakukan panggilan darurat ke first responder jika terjadi kecelakaan," tulis ASEAN NCAP, Selasa (8/11/2022).



Simak Video "Ngecas Mobil Listrik 30 Menit di Rest Area, Dapat Berapa Persen?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT