ADVERTISEMENT

Mobil Vietnam VinFast Makin Serius Tantang Tesla

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 12:07 WIB
Tak butuh waktu lama bagi Vietnam mewujudkan mobil nasional pertamanya. Usai mengumumkan pada 2017 silam, mobnas yang diberi nama VinFast sudah diproduksi dan siap dikirim ke konsumen.
VinFast makin serius tantang Tesla. Foto: Kham/Reuters
Jakarta -

Produsen mobil asal Vietnam, VinFast tampak makin serius menantang Tesla di pasar mobil listrik dunia. Tak tanggung-tanggung, VinFast berani menetapkan target tinggi untuk tiga hingga empat tahun ke depan.

Dilansir Carscoops, Selasa (9/8/2022), saat ini pabrik VinFast di Haiphong memiliki kapasitas produksi 250 ribu unit mobil per tahun. Namun, pada 2026 nanti, mereka berencana menambahnya jadi 600 ribu unit.

Selain di Vietnam, VinFast juga akan membangun pabrik baru di Carolina Utara, Amerika Serikat. Nantinya, saat sudah mulai beroperasi, lini produksi tersebut akan membuat 150 ribu unit EV pada 2026.

Sehingga, jika ditotal, target produksi mereka mencapai 750 ribu unit kendaraan per tahun pada 2026 mendatang. Dibandingkan Tesla jumlah tersebut belum seberapa. Pasalnya, target Tesla adalah bisa memproduksi 2 juta unit mobil per tahun.

Demi mengejar target tersebut, VinFast telah merekrut 8 ribu karyawan baru di Vietnam untuk ditugaskan mulai Agustus dan September nanti. Saat ini, total jumlah pekerja mereka baru sekira 6 ribu pegawai.

"Para karyawan baru ini direkrut untuk memperbesar produksi kendaraan VinFast. Staf baru, termasuk pekerja pabrik dan teknisi mulai bekerja pada Agustus dan September mendatang," tulis akun resmi VinFast di Facebook.

VinFast juga memastikan, pihaknya bakal merekrut 7.500 karyawan tambahan untuk nantinya ditugaskan di pabrik baru mereka di Carolina Utara.

Sejak dua hingga tiga tahun terakhir, VinFast memang terlihat serius merambah pasar kendaraan listrik di dunia. Bahkan, mereka disebut-sebut serius menantang jenama tenar asal Amerika Serikat, Tesla.

Sebagai langkah awal, mereka mulai memasarkan model VF8 dan VF9 buatan lokal ke Eropa dan Amerika Utara. Mereka juga memastikan, sudah ada permintaan ekspor 8 ribu unit VF8 untuk konsumen di Amerika Serikat. Kabarnya, permintaan tersebut harus sudah dipenuhi sebelum akhir 2022 nanti.



Simak Video "Tebak-tebakan Kepanjangan 'CBR' di Motor Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT