ADVERTISEMENT

Kembaran Avanza-Xenia Dites Tabrak, Begini Hasilnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jul 2022 13:11 WIB
Uji Tabrak Perodua Alza Kembaran Avanza-Xenia
Uji Tabrak Perodua Alza Kembaran Avanza-Xenia (Foto: Dok. ASEAN NCAP)
Jakarta -

Perusahaan otomotif Malaysia, Perodua meluncurkan kembaran Avanza-Xenia yang diberi nama Perodua Alza. Setelah meluncur, Perodua Alza dilakukan uji tabrak di New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP). Bagaimana hasilnya?

Dalam siaran pers ASEAN NCAP disebutkan, Perodua Alza mendapat ganjaran nilai sempurna. Kembaran Avanza-Xenia ini memperoleh peringkat ASEAN NCAP Bintang Lima dengan skor keseluruhan 81,64 poin.

Perodua Alza meraih nilai 36,20 poin (maksimal 40,00 poin) pada perlindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Untuk perlindungan anak-anak meraih nilai 16,88 poin (maksimal 20,00 poin), Safety Assist 18,57 poin (maksimal 20,00 poin) dan untuk kategori Keselamatan Pengendara Sepeda Motor meraih 10 poin (maksimal 20,00 poin). Berkat penilaian itu, kembaran Avanza-Xenia ini meraih skor lima bintang yang berarti nilai sempurna.

MPV 7-seater yang baru diluncurkan ini dilengkapi dengan kelengkapan standar 6 airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang depan dan belakang.

Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan sistem Autonomous Emergency Braking (AEB), teknologi Auto High Beam dan Pedestrian Protection sebagai standar di semua variannya. Perodua Alza juga menawarkan teknologi bantuan keselamatan canggih lainnya baik sebagai perlengkapan standar atau opsional yaitu Blind Spot Detection (BSD) yang dipasang di kedua sisi kendaraan, Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FWC) dan Lane Keep Assist (LKA).

"Dengan diluncurkannya Alza baru, Perodua telah menunjukkan semangat dan semangat berkelanjutan mereka untuk keselamatan pengguna jalan - tidak hanya untuk keselamatan pelanggan mereka dan keluarga mereka tetapi juga pengguna jalan rentan lainnya. Oleh karena itu, saya mendorong lebih banyak produsen kendaraan untuk memproyeksikan semangat yang sama juga dengan mengembangkan mobil yang memiliki teknologi keselamatan yang dibutuhkan saat kita bekerja sama untuk memenuhi target mengurangi separuh kematian di jalan di wilayah ini," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Dato' Dr. Khairil Anwar Abu Kassim.

Sebelumnya, Toyota Veloz yang dijual di Indonesia juga sudah melakukan uji tabrak ASEAN NCAP. Hasilnya sama, Veloz meraih lima bintang dengan skor 34,88 untuk perlindungan dewasa, 17,17 poin untuk perlindungan anak-anak, 16,03 poin untuk Safety Assist, dan 11,92 pon untuk kategori Motorcyclist Assist atau Keselamatan Pengendara Sepeda Motor.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Ini Daftar Mobil dengan Tingkat Safety Terbaik di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT