Kredit Mobil Baru Bisa Diangsur Sampai 8 Tahun, tapi Ada Risikonya

ADVERTISEMENT

Kredit Mobil Baru Bisa Diangsur Sampai 8 Tahun, tapi Ada Risikonya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 18:49 WIB
Daihatsu Ayla 1.0 D
Mobil LCGC Daihatsu Ayla. Foto: Dok. Aan Andri Setiawan
Jakarta -

Pabrikan mobil mulai berani memberikan program kredit dengan tenor panjang untuk para calon konsumen baru. Jika sebelumnya tenor maksimal hanya mencapai 5 tahun, sekarang ditawarkan pilihan tenor hingga mencapai 8 tahun. Meski di satu sisi bakal meringankan besaran angsuran bulanan, tapi ada juga risikonya.

Daihatsu misalkan, sudah punya paket kredit mobil baru hingga 7-8 tahun. Seperti diungkap oleh Marketing & CR Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, Daihatsu memberikan alternatif buat konsumen yang ingin melakukan kredit dalam jangka panjang.

"Sebenarnya paket kredit (7-8 tahun itu) kita selalu menyiapkan. Memang selama ini paket kredit itu kan 4 sampai 5 tahun. Kita juga sebenarnya punya paket kredit yang 7 sampai 8 tahun," kata Hendrayadi, dalam media gathering di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Kendati begitu, Hendrayadi mengingatkan risiko konsumen jika ingin membeli mobil baru dengan tenor yang panjang. Risikonya adalah, harga mobil bakal semakin melejit.

"Cuma 7-8 tahun itu kan pasti makin lama tenornya, akan semakin mahal. Ini hanya pilihan aja bagi konsumen. Kalau mereka memang punya kemampuan seperti itu, pasti mereka pasti akan ambil juga," sambung Hendrayadi.

"Jadi kita menyediakan paket kredit 7 sampai 8 tahun. Sebenarnya tahun-tahun kemarin kita juga sudah menyiapkan, dan kami prediksi tenor-tenor panjang itu akan makin meningkat (ke depannya)," katanya lagi.

Secara hitung-hitungan, tenor panjang memang akan membuat angsuran bulanan menjadi lebih ringan. Namun dengan jangka waktu yang panjang, harga mobil tentu bakal semakin mahal bila diakumulasikan.



Simak Video "Resolusi 2022 Mau Punya Mobil Baru? Perhatikan Ini Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT