Pindad Bikin Kendaraan Taktis Listrik 4x4, Begini Wujudnya

ADVERTISEMENT

Pindad Bikin Kendaraan Taktis Listrik 4x4, Begini Wujudnya

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 18 Jan 2023 15:36 WIB
Kendaraan taktis 4x4 Pindad
Pindad EV. Foto: PT Pindad
Jakarta -

Rencana pemerintah dalam pengembangan dan percepatan kendaraan listrik tidak hanya didukung oleh para produsen mobil penumpang yang berkecimpung di industri otomotif Tanah Air. Produsen alat pertahanan dan keamanan, Pindad juga diketahui tengah menyiapkan diri berkecimpung dalam pengembangan kendaraan listrik.

Dilihat detikOto dalam unggahan PT Pindad di instagram, tampak kendaraan taktis yang wujudnya menyerupai MV2 4x4 namun tidak akan mengeluarkan asap.

View this post on Instagram

A post shared by Pindad (@pt_pindad)

"Pindad siap untuk mendukung ekosistem kendaraan elektrik! On frame: Kendaraan Taktis 4x4 Elektrik," tulis Pindad dalam unggahan kendaraan berkelir putih bertuliskan 'Pindad EV'.

Belum diketahui lebih lanjut soal kendaraan taktis bertenaga listrik itu. Kolom komentar pun dipenuhi ragam pertanyaan warganet yang penasaran.

"Dijual untuk sipil?" tanya seorang warganet.

"Keren, apalagi klo dibuat versi masalnya," timpal warganet lainnya.

Pertanyaan itu tentu beralasan. Pasalnya, kendaraan rantis Maung 4x4 yang semula hanya diperuntukkan bagi militer terdapat versi sipilnya. Tercatat sudah ada beberapa kalangan yang kepincut pesona Pindad Maung. Salah satunya adalah Bupati Jember Hendry Siswanto.

Pada Februari 2021, Hendry diketahui memesan satu unit Pindad Maung versi sipil. Dibandingkan versi militer, Maung versi sipil lebih ringan dan beberapa perangkat untuk militer dihilangkan. Dari tampilannya, Rantis Maung tampak tangguh. Di bagian depan ada 4 lampu kotak yang dilapisi dengan tralis, motor winch (tali untuk menarik kendaraan) hingga 4,5 ton, serta Hi Lift jack yang membuat Rantis Maung terlihat siap melahap semua medan.

Sedangkan pada tampak samping terlihat Rantis Maung memiliki kaki-kaki yang dirancang sangat kuat berkat pemasangan suspensi depan independent, Coilover shock, dan long arm. Pada bagian suspensi belakang, Maung menggunakan Rigid, Coilover shock, dan four link arm.

Selanjutnya kemudahan untuk mengubah penggerak roda dari 2 wheel atau 4 Wheel juga dirasakan siapa saja yang mengendarai Rantis Maung. Karena pada bagian center dashboard pengendara cukup mengubah penggerak dari 2 Wheel menjadi 4 Wheel dengan memutarkan knop. Lalu akankah fitur kendaraan taktis 4x4 yang tengah dikembangkan Pindad bakal mirip dengan Rantis Maung?



Simak Video "Ahli Pindad Jelaskan Kondisi Barbuk Sisa Insiden KM 50"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT