Kenapa Hyundai Ioniq Electric Setop Dijual di RI? Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Kenapa Hyundai Ioniq Electric Setop Dijual di RI? Ini Sebabnya

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 08 Des 2022 07:15 WIB
Tim detikcom membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.
Hyundai Ioniq Electric setop dijual di Indonesia Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Hyundai Ioniq Electric tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Mobil listrik pertama Hyundai yang diperkenalkan Tanah Air itu mengikuti keputusan global.

Ioniq Electric tak lagi berada dalam jejeran produk mobil listrik yang dijual Hyundai. Saat ini pabrikan asal Korea Selatan itu hanya memasarkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Kona Electric di Indonesia.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur membenarkan pihaknya tidak lagi menjual Ioniq Electric untuk pasar Indonesia.

"Ioniq sedan memang sudah discontinue. Yang masih dijual adalah Kona EV CBU (Completely Built Up) dan Ioniq 5," terang Makmur kepada detikcom, Rabu (7/12/2022).

Lebih lanjut, berhentinya penjualan Hyundai Ioniq Electric yang masih CBU dari Korea Selatan itu seturut dengan keputusan prinsipal yang menghentikan produksi Ioniq Electric di Pabrik Ulsan, Korea Selatan per Juli 2022 lalu.

"Ioniq Electric sudah tidak dipasarkan lagi tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Hal ini sesui dengan keputusan dan arahan dari prinsipal global Hyundai," kata Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia Astrid Ariani Wijana kepada detikcom.

Seperti diketahui, sejak diperkenalkan November 2020 hingga Oktober 2022 data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) menunjukkan Hyundai Ioniq Electric sudah terkirim sebanyak 345 unit. Bandingkan dengan Hyundai Ioniq 5, mobil listrik rakitan Cikarang itu berhasil mencatat angka retail sales lebih dari 1.400 unit sepanjang periode Januari - Oktober 2022.

Astrid melanjutkan bagi konsumen yang memilik Hyundai Ioniq tidak perlu khawatir sebab pabrikan Korea Selatan ini menjamin layanan buat purna jual.

"Pelanggan tidak perlu khawatir karena Hyundai Motors Indonesia tetap menjamin ketersediaan suku cadang dan juga layanan yang diberikan bagi pengguna Ioniq Electric di Indonesia," ungkap Astrid.



Simak Video "Sudah Disuntik Mati, Berapa Banyak Populasi Hyundai Ioniq di RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT