Perkiraan Harga Motor Listrik Tahun Depan kalau Dapat Subsidi Rp 6 Jutaan

ADVERTISEMENT

Perkiraan Harga Motor Listrik Tahun Depan kalau Dapat Subsidi Rp 6 Jutaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 01 Des 2022 06:05 WIB
Produsen elektronik kenamaan asal Indonesia Polytron kini merambah ke pasar otomotif. Polytron merilis motor listrik terbaru Fox-R.
Perkiraan harga motor listrik jika dapat subsidi dari pemerintah (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan subsidi untuk motor listrik yang diberikan pemerintah tahun depan. Dengan subsidi ini, diperkirakan harga motor listrik jadi lebih murah.

"Kalau sepeda motor nanti tahun depan ganti dengan motor listrik, ganti saja, nanti akan dapat subsidi," kata Luhut dalam sebuah acara seperti ditayangkan di channel Youtube PermataBank dikutip Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, saat ini pemerintah sedang menyiapkan regulasinya. Untuk besaran subsidi yang diberikan masih di tahap finalisasi. Tapi kemungkinan subsidinya mencapai Rp 6 jutaan.

"Segera, ini sekarang mobil listrik kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya sepeda motor, kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi sepeda motor (listrik). Mungkin Rp 6 juta, di Thailand mungkin 7 juta, kita mungkin Rp 6,5 juta atau berapa, kira-kira berkisar segitu. Mobil, berapa juta kita mau kasih," ujar Luhut.

Dengan subsidi ini, harga-harga motor listrik bisa jadi lebih murah tahun depan. Saat ini, rata-rata motor listrik harganya ada yang belasan juta sampai puluhan juta rupiah.

Berikut perkiraan harga beberapa motor listrik seandainya mendapat subsidi seperti yang disampaikan Luhut.

Gesits

Saat ini, harga normal motor listrik Gesits adalah Rp 28.970.000 on the road DKI Jakarta. Kalau dapat subsidi dari pemerintah sebesar Rp 6,5 juta, maka perkiraan harga Gesits nantinya mungkin Rp 22.470.000.

Motor listrik Gesits dibekali motor Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. Gesits memiliki baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm.

Akselerasi 0-50 km/jam cuma butuh 5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 70 km/jam. Dengan satu baterai, motor listrik Gesits bisa menempuh jarak 50 km. Jika membawa dua baterai daya jangkaunya bertambah menjadi 100 km.

Alva One

Motor listrik Alva One harganya saat ini Rp 34,99 juta on the road di Jakarta. Perkiraan harga dengan subsidi dari pemerintah nantinya mungkin bisa di kisaran Rp 28.490.000. Harga itu bisa bersaing dengan motor-motor bermesin bensin.

Alva One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport. Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak sejauh 70 km.

Viar

Viar saat ini menawarkan tiga motor listrik, yaitu Viar Q1, N1 dan N2. Untuk Viar Q1, harganya Rp 21 jutaan. Kalau dapat subsidi dari pemerintah diperkirakan bisa menjadi Rp 14-15 jutaan.

Selanjutnya, untuk Viar N1 kini harganya Rp 25.870.000, dengan subsidi dari pemerintah bisa menjadi Rp 19 jutaan. Dan Viar N2 harga normalnya Rp 34 juta, dengan subsidi kemungkinan menjadi 27,5 juta.

Smoot Tempur

Smoot Tempur ditawarkan dengan harga normal mulai dari Rp 16.500.000. Jika mendapatkan subsidi, harga Smoot Tempur bisa menjadi Rp 10 jutaan saja.

Motor listrik Smoot Tempur memiliki kapasitas baterai 64V/22,5Ah dengan tipe motor elektrik DC Brushless 1.500 watt. Smoot Tempur bisa menjangkau jarak 60 km sekali ngecas.

Polytron

Polytron yang baru saja meluncurkan motor listrik Fox-R bisa menjadi salah satu motor listrik penerima subsidi dari pemerintah. Harga motor listrik Polytron Rp 18 juta, dengan subsidi bisa menjadi Rp 11 jutaan. Namun perlu diingat, itu hanya harga motornya, belum termasuk baterai yang harus dibayar dengan sistem sewa baterai sebesar Rp 250 ribu per bulan.

U-Winfly

U-Winfly menawarkan skuter listrik yang harganya tergolong murah. Salah satunya U-Winfly T3 scooter yang desainnya mirip dengan gaya Vespa. Motor listrik ini memiliki baterai 60V/20AH dengan jarak tempuh 50-60 km. Motor listrik ini juga memiliki kecepatan maksimal 60 kilometer. Soal harga U-Winfly T3 Scooter dijual Rp 13.499.000. Kalau dapat subsidi, mungkin bisa menjadi Rp 6-7 jutaan.

Simak Video 'Siap-siap! Bakal Ada Subsidi Rp 6,5 Juta Buat yang Beli Motor Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT