Bukan Hiasan, Ini Fungsi High Mount Stop Lamp di Belakang Mobil

ADVERTISEMENT

Bukan Hiasan, Ini Fungsi High Mount Stop Lamp di Belakang Mobil

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 20:08 WIB
Spoiler dan diffuser
High Mount Stop Lamp memiliki fungsi penting. (Foto: Newspress)
Jakarta -

Lampu rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya jelas memberikan informasi kepada pengendara atau pengguna jalan lain yang berada tepat di belakang mobil tersebut. Tapi kenapa harus ada high mount stop lamp, lampu berhenti yang posisinya di atas?

Di beberapa model mobil, lampu rem tidak hanya terletak di sisi kanan dan kiri, melainkan juga di atas tengah. Umumnya keberadaan lampu rem ketiga ini berada di atas pintu bagasi mobil atau menyatu dengan spoiler atap.

Tapi apa fungsinya ya, mengingat sudah ada dua lampu rem di masing-masing sisi? Apakah cuma aksesoris? Jawabannya tentu bukan. Seperti dua lampu rem yang terpasang di sisi kanan dan kiri, lampu rem ketiga yang kerap juga disebut High Mount Stop Lamp itu berperan untuk menjaga kesalamatan berkendara.

Dikutip dari laman Toyota Astra Motor, fitur tersebut berperan sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain untuk membantu respons pengereman. Dengan begitu tabrak belakang bisa dihindari. Di beberapa negara lampu rem tambahan itu diwajibkan penggunaannya lantaran efektif meminimalisir tabrak belakang.

Menyoal posisinya yang terletak di atas dimaksudkan agar pengendara yang berada di belakang bisa melihat dari jauh. Utamanya bagi kendaraan dengan bodi lebih tinggi. Diharapkan dengan adanya lampu rem tambahan itu, pengendara di belakang bisa mengantisipasi untuk mengerem dari jarak jauh.

Meski terlihatnya sepele, nyatanya fitur ini cukup membantu. Pengendara di belakang memiliki waktu untuk merespons dan mengerem lebih baik. Sehingga tabrak belakang bisa dihindari. Nah jadi itu tadi fungsi dari High Mount Stop Lamp, jangan salah kira ya kalau ini bukan cuma aksesoris belaka melainkan punya fungsi yang lumayan penting.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT