ITS Surabaya Luncurkan Mobil Listrik, Jakarta-Bandung Cuma Sekali Ngecas

ADVERTISEMENT

ITS Surabaya Luncurkan Mobil Listrik, Jakarta-Bandung Cuma Sekali Ngecas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 28 Nov 2022 17:30 WIB
Mobil Listrik ITS Surabaya
Mobil Listrik ITS Surabaya (Foto: Dok. ITS)
Jakarta -

Mobil listrik karya anak bangsa lahir. Kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merilis mobil listrik multiguna. Mobil listrik pikap ini bisa melaju jauh hanya dengan sekali ngecas.

Mobil listrik ini diberi nama MEvITS, singkatan dari Multipurpose Electric Vehicle ITS. Menurut Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng, MEvITS dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Harus menyebut, MEvITS dirancang sebagai kendaraan multiguna, tidak hanya mengangkut penumpang tapi juga untuk angkutan barang. Mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal hingga 100 kilometer per jam.

Sekali ngecas, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak hingga 200 km. Artinya, jarak Jakarta-Bandung yang sekitar 150-an km bisa ditempuh dengan mobil ini hanya sekali ngecas.

ITS merancang MEvITS sedemikian rupa agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

"Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar," kata Harus dikutip dari situs resmi ITS.

Mobil dengan daya 20 kWh ini masih akan terus dilakukan penyempurnaan. "Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat," ujarnya.

Dari segi tampilan, mobil listrik MEvITS garapan ITS ini cukup menarik. Mobil listrik multiguna ini memiliki desain tangguh ala mobil-mobil jip dengan karakter serba kotak. Tampak jok mobil ini juga terlihat sporty.

Di bagian belakang terdapat bak untuk mengangkut barang. Sebagai mobil listrik multiguna, diharapkan mobil ini bisa membantu perekonomian masyarakat Indonesia jika dijual massal nanti.



Simak Video "Ngecas Mobil Listrik 30 Menit di Rest Area, Dapat Berapa Persen?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT