Komparasi Mesin Hybrid Innova Zenix dengan Mesin Diesel Innova Reborn

ADVERTISEMENT

Komparasi Mesin Hybrid Innova Zenix dengan Mesin Diesel Innova Reborn

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 22 Nov 2022 19:12 WIB
Jakarta -

Toyota telah merombak total mobil keluarga Toyota Kijang Innova Zenix. Kini, Toyota Kijang Innova Zenix tak ada pilihan mesin diesel. Padahal, mesin diesel pada Innova sangat didamba-dambakan karena irit dan bertenaga.

Meski begitu, kini telah hadir Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Tenaganya pun tak kalah dari Innova Reborn bermesin diesel.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada mesin bensin dan motor listriknya. Innova Zenix Hybrid EV mengawinkan mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS dengan motor listrik. Mesin bensinnya punya tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Sementara motor listrinya bertenaga 113 PS dengan torsi 205,9 Nm. Tenaga gabungan sistem hybrid-nya mencapai 186 PS.

Jika dibandingkan dengan Innova Diesel pada generasi sebelumnya, tenaga mesin hybrid Innova Zenix jauh lebih besar. Sebagai perbandingan, mesin diesel pada Innova Reborn memiliki tenaga 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 359,9 Nm pada 1.200-2.800.

Soal konsumsi bahan bakarnya, Toyota juga mengklaim Innova Zenix Hybrid lebih irit dibanding mesin diesel sebelumnya. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan konsumsi bahan bakar Kijang Innova Zenix Hybrid bisa di atas 20 km/liter.

"Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter banding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian. Apalagi yang hybrid 1 liter banding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel," kata Anton.

Lanjut Anton, Innova Zenix punya mesin baru, bobot lebih ringan dan power to weight ratio lebih baik. Akselerasi 0-100 km/jam pun diklaim lebih baik dibanding diesel.

"Jadi harapan kami, konsumen bisa mencoba langsung bagaimana keiritan dan performa mobil yang baru ini," tukasnya.

(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT