Toyota Kijang Innova Dapat Tambahan Nama Zenix, Apa Maknanya?

ADVERTISEMENT

Toyota Kijang Innova Dapat Tambahan Nama Zenix, Apa Maknanya?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 22 Nov 2022 09:19 WIB
Jakarta -

Toyota baru saja merilis generasi ketujuh Kijang Innova. Tak hanya mengalami perubahan mesin dan nama menjadi Innova Zenix, Kijang anyar yang memiliki pilihan mesin hybrid ini juga memiliki bahasa desain baru ala mobil crossover. Filosofi crossover itu tertuang dari nama 'Zenix'.

Seperti disampaikan oleh Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, Zenix merupakan gabungan kata dan huruf: Zenith dan X.

"Zenith itu artinya puncak performa atau peak performance. Sementara X itu mewakili crossover. Jadi ini mobil crossover yang memberikan performa tinggi," jelas Anton di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Lanjut Anton menambahkan, Innova terbaru sudah menghilangkan kesan MPV dan kini bersolek layaknya sebuah mobil crossover dengan wajah yang lebih garang dan desain lebih kompak.

"Kita bilang (Innova Zenix) sebagai crossover ya, tapi bukan SUV seperti Fortuner, bukan. Jadi kalau boleh kita mengatakan ini adalah MPV yang di-styling jadi crossover atau seperti mobil SUV," sambung Anton.

Secara platform, Toyota Kijang Innova Zennix menggunakan platform TNGA GA-C. Dengan platform anyar ini, Innova Zenix kini berpenggerak roda depan dan menggunakan sasis monokok atau berubah total dari sistem penggerak roda belakang dan sasis ladder frame yang digunakan di Innova sebelumnya.

Innova Zenix kini juga memiliki pilihan mesin dan hybrid, dan meninggalkan pilihan mesin diesel, sekalipun diesel menjadi mesin terlaris pada Innova generasi keenam alias Innova Reborn.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT