Izera, 'Mobil Nasional' Pertama Polandia Comot Teknologi Pabrikan China

ADVERTISEMENT

Izera, 'Mobil Nasional' Pertama Polandia Comot Teknologi Pabrikan China

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 21 Nov 2022 11:05 WIB
Izera
Izera, mobil listrik buatan Polandia Foto: Izera
Jakarta -

Polandia bakal memiliki 'mobil nasional' pertama bertenaga listrik battery electric vehicles (BEV), Electro Mobility Poland (EMP). Teknologi mobil listrik buatan Polandia itu diadopsi dari raksasa otomotif asal China, Geely.

Izera menjadi produk pertama yang bakal diluncurkan dari EMP. Mobil listrik itu dibekingi pemerintah Polandia untuk mengejar ketertinggalan dari rival negara terdekatnya, seperti Republik Ceko dan Slovakia. Pada dasarnya Izera akan menjadi merek mobil domestik pertama Polandia.

Geely telah menandatangani perjanjian lisensi dengan EMP untuk memasok platform Geely Sustainable Experience Architecture (SEA) ke EMP. Salah satunya untuk merek dari EMP: Izera, Geely juga akan menjadi mitra teknologi EMP untuk proyek tersebut.

Polandia merupakan salah satu pasar penjualan mobil baru terbesar di Eropa tanpa merek mobil buatannya sendiri. Izera diklaim menjadi katalis untuk pengembangan produsen suku cadang dan komponen mobil Polandia.

"Polandia memainkan peran penting dalam industri otomotif Eropa dan saya yakin bahwa perjanjian ini akan memungkinkan transisi yang lebih cepat ke penggerak listrik, menciptakan peluang ekonomi yang lebih luas di bidang elektromobilitas," kata Daniel Donghui Li, kepala eksekutif Geely Holding Group.

IzeraIzera Foto: Izera

Izera akan dibangun di atas platform Sustainable Experience Architecture (SEA) penggerak roda belakang, yang sudah digunakan oleh Smart, Lynk&Co, dan ZEEKR. Namun, Izera merek pertama di luar portofolio Geely.

Izera direncanakan memiliki beberapa line up, terdiri dari hingga tiga model segmen C: SUV kompak, hatchback, dan station wagon. Mobil akan dilengkapi opsi baterai 51 kWh dan 69 kWh, memiliki jangkauan 340 hingga 450 km (WLTP), dan dapat menerima listrik dari pengisi daya DC 150 kW.

Izera--sesuai dengan rangkaian pegunungan di perbatasan Polandia dengan Republik Ceko--meluncurkan prototipe pertamanya pada tahun 2020. Namun, sejak saat itu, proyek tersebut mengalami penundaan.

Pembangunan pabrik Izera di Jaworzno akan dimulai pada tahun 2021, dan mobil pertama seharusnya mulai dikirim pada tahun 2024. Namun pengerjaan pabrik sebenarnya belum dimulai dan rencana produksi mobil telah diundur ke kuartal terakhir tahun 2025.

Beberapa dari masalah tersebut terkait dengan masalah yang dihadapi industri secara keseluruhan, lapor outlet berita industri Auto Świat. Namun, proyek tersebut juga terkendala kesulitan pembebasan lahan di Jaworzno. Pendanaan untuk rencana tersebut juga masih dipertanyakan, lapor harian Rzeczpospolita, mengingat situasi ekonomi yang memburuk dan proyek yang dipimpin negara harus dikurangi.



Simak Video "Wuling Air ev Masih Kemahalan, Harga Mobil Listrik Rakyat Harusnya Segini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT