Piala Dunia Mulai Hari Ini, Ratusan Mobil Listrik Wara-wiri di Qatar

ADVERTISEMENT

Piala Dunia Mulai Hari Ini, Ratusan Mobil Listrik Wara-wiri di Qatar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 20 Nov 2022 20:07 WIB
Mobil dan bus listrik Hyundai untuk Piala Dunia 2022 Qatar
Mobil dan bus listrik Hyundai untuk Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: dok. Hyundai Media Center)
Jakarta -

Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai hari ini, Minggu (20/11/2022). Qatar berencana menjadi tuan rumah Piala Dunia netral karbon pertama tahun ini. Beragam kendaraan listrik akan digunakan selama Piala Dunia pertama di Timur Tengah itu.

Hyundai menjadi sponsor resmi Piala Dunia 2022. Pabrikan asal Korea Selatan itu mengumumkan akan membantu penyelenggara mencapai tujuan mereka dengan menyediakan transportasi ramah lingkungan. Hyundai menyediakan kendaraan listrik berupa Hyundai IONIQ 5 dan bus listrik.

Menurut Strategi Keberlanjutan Piala Dunia Qatar 2022, penyelenggaraan acara tersebut membutuhkan pembangunan setidaknya delapan stadion, beberapa tempat pelatihan, dan infrastruktur untuk mendukungnya, yang semuanya menghasilkan emisi gas rumah kaca (GRK).

Hyundai membantu mengimbangi dampak tersebut dengan menyediakan armada pilihan transportasi ramah lingkungan, seperti IONIQ 5 dan bus listrik.

Dilaporkan, armada ramah lingkungan akan debut di Piala Dunia 2022 dalam skala besar. Hyundai akan memasok 236 kendaraan listrik berbasis baterai dan hybrid untuk mempromosikan pesta sepakbola yang netral karbon.

Beberapa mobil listrik Hyundai yang akan wara-wiri selama di Piala Dunia 2022 di Qatar antara lain Hyundai Ioniq 5, Genesis G80 Electrified dan Genesis GV70 EV. Dua mobil yang disebutkan pertama juga sempat menjadi mobil listrik resmi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pekan lalu.

Mobil listrik Hyundai itu akan digunakan untuk mengangkut VIP dan anggota staf. Hyundai juga berencana untuk menyediakan bus tanpa emisi Elec City untuk awak media.

Hyundai juga menyediakan layanan pengisian daya darurat di pinggir jalan dengan menggunakan dua mobil listrik Hyundai IONIQ 5 dengan kemampuan vehicle-to-load (V2L). Dua unit mobil listrik Hyundai Ioniq 5 itu menjadi powerbank untuk mengisi ulang baterai kendaraan listrik yang habis di tengah perjalanan.

FIFA juga menyediakan jaringan pengisian daya 100 Kw hingga 150 kW yang ada di fasilitas parkir untuk memastikan pengoperasian yang lancar.



Simak Video "Kemewahan & Kontroversi Hari Pertama di Qatar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT