741 Bus Listrik Buatan China Jadi Kendaraan Operasional Piala Dunia 2022 Qatar

ADVERTISEMENT

741 Bus Listrik Buatan China Jadi Kendaraan Operasional Piala Dunia 2022 Qatar

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 20 Okt 2022 11:05 WIB
Bus listrik Yutong buatan China
Foto: Dok. Yutong. Bus listrik Yutong buatan China akan dukung penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.
Jakarta -

Perusahaan kendaraan listrik asal China, Yutong, akan mendukung penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar pada November-Desember nanti. Bekerja sama dengan perusahaan transportasi lokal Mowasalat, Yutong bakal menyuplai sekitar 741 bus listrik.

Kehadiran bus listrik di ajang terbesar sepakbola dunia itu menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Bus-bus listrik dari Yutong tersebut akan dijadikan sebagai kendaraan antar-jemput penumpang ke stadion.

Bus listrik Yutong buatan ChinaBus listrik Yutong buatan China akan mendukung perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar Foto: Dok. Yutong

Dikutip dari laman resmi Yutong, pembangunan hijau dan berkelanjutan adalah konsep inti dari 'Visi Nasional 2030' Qatar. Bus listrik baterai Yutong bakal mendorong penerapan strategi elektrifikasi transportasi umum Qatar dan berkontribusi pada pengembangan local green dan diversifikasi ekonomi.

Untuk mencapai operasi yang efisien selama acara, Mowasalat selaku operator telah melengkapi armada bus dengan lebih dari 200 personel operasi juga administrasi, serta lebih dari 3.000 pengemudi.

Setelah acara Piala Dunia 2022 usai, bus listrik baterai Yutong tersebut terus dioperasikan di jalan Qatar guna membantu membangun sistem transportasi umum yang ramah lingkungan.

Sementara bagi Yutong, pengoperasian bus listrik baterai di Qatar akan jadi langkah pertama dalam komersialisasi skala besar bus China di Qatar. Yutong telah menandatangani perjanjian kerangka kerja sama dengan perusahaan Qatar untuk mendirikan pabrik bus listrik di zona perdagangan bebas di sana.

Tak hanya menjadikan Qatar sebagai target pasar, Yutong juga memberikan benefit lain, seperti untuk mempromosikan tingkat industrialisasi lokal melalui ekspor teknologi, mendukung transformasi negara yang fokus pada kendaraan ramah lingkungan, meningkatkan dukungan otomotif, memajukan kluster industri otomotif lokal, dan membantu menciptakan pola baru sistem transportasi umum lokal.



Simak Video "Wujud Bus Listrik Garapan Tentrem Siap Mondar-mandir di KTT G20"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT