Toyota bZ4X Meluncur di Indonesia, Harga Tembus Rp 1 Miliar

ADVERTISEMENT

Toyota bZ4X Meluncur di Indonesia, Harga Tembus Rp 1 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 10 Nov 2022 13:59 WIB
Jakarta -

Toyota bZ4X akhirnya resmi dijual di Indonesia. Mobil listrik ini sebelumnya telah ditampilkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus lalu. Kini bZ4X resmi dipasarkan di Tanah Air dengan banderol harga Rp 1,190 miliar OTR Jakarta.

"Toyota Indonesia melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi dengan bZ4X. bZ4X merupakan mobil listrik pertama Toyota di Indonesia dan mobil listrik kedua yang dipasarkan TAM (setelah Lexus UX 300e)," kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Toyota bZ4X hadir dengan platform yang dirancang khusus untuk mobil listrik berbasis baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle). Mobil ini menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini juga digunakan di mobil listrik Subaru Solterra.

Di Jepang, bZ4X hadir dengan pilihan penggerak depan FWD (Front Wheel Drive) dan penggerak semua roda AWD (All Wheel Drive). Namun versi Indonesia hanya tersedia pilihan FWD, yang memiliki output tenaga 204 dk dan torsi 266 Nm. Versi FWD ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 8,3 detik.

Toyota membekali mobil listrik bergaya crossover ini dengan baterai kapasitas 71,4 kWh dan diklaim bisa melaju dari kondisi baterai penuh hingga 500 km.

Baterai ini diklaim dapat diisi ulang dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging atau menggunakan daya listrik rumah. Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit.

Toyota bZ4X resmi dipasarkan di Tanah Air dengan banderol Rp 1,190 miliar OTR Jakarta.Toyota bZ4X resmi dipasarkan di Tanah Air dengan banderol Rp 1,190 miliar OTR Jakarta. Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Toyota mengatakan setiap pembelian mobil listrik ini akan dilengkapi dengan charger portable yang fleksibel, serta charger rumahan berdaya tinggi yang dapat mengecas mobil lebih cepat dari charger portable.

Agar konsumen tenang dan nyaman, Toyota juga memberikan garansi baterai 8 tahun atau 160.000 ribu km.

Toyota bZ4X telah dilengkapi sejumlah fitur modern, seperti layar headunit touchscreen berukuran 12,3 inci, lalu untuk memanjakan penumpang dan pengendara ada juga 9 buah speaker dari JBL. Fitur pengecasan nirkabel turut dihadirkan di mobil ini.

Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut dengan TSS (Toyota Safety Sense) 3.0. Fitur-fitur seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist sudah hadir di mobil ini.

Tak hanya itu, Toyota bZ4X juga hadir dengan kamera 360 derajat beresolusi tinggi yang dapat menjaga mobil dari objek di sekitarnya. Bahkan kamera ini juga dapat membantu mobil untuk parkir otomatis.

(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT