MG Klaim Bensin Irit Bukan Hanya dari Teknologi Mesin, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

MG Klaim Bensin Irit Bukan Hanya dari Teknologi Mesin, Kok Bisa?

Tim detikOto - detikOto
Selasa, 08 Nov 2022 22:12 WIB
MG 5 GT
MG 5 GT Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Semakin tinggi harga minyak dunia, membuat pengendara berpikir ulang dan lebih memilih mobil apa yang cocok untuk dikendarai. Namun siapa yang sangka, rupanya untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar bukan hanya ditentukan dari mesin yang digendong, desain pun bisa menjadi faktor yang bisa menekan penggunaan bensin.

Dalam rilis resmi yang diterima detikOto, mobil berbahan bakar bensin dengan nilai oktan 92 ke atas akan semakin dicari, terutama yang mampu menawarkan teknologi efisiensi konsumsi bahan bakar tanpa meninggalkan faktor kenyamanan dalam berkendara. Dapat disimpulkan, bukan hanya harga, kenyamanan, fitur keselamatan, atau spesifikasi mesin yang menjadi pertimbangan dalam membeli kendaraan.

MG menjelaskan teknologi pendukung efisiensi bahan bakar pun juga semakin dibutuhkan demi tujuan menghemat penggunaan BBM. Untuk itu MG melahirkan teknologi yang menyelaraskan antara faktor desain, performa, hingga nilai ekonomis, dan semuanya tertanam pada MG 5 GT sedan coupe 5-seater.

Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin menjelaskan, mulai dari aspek desain, MG 5 GT membawa desain eksterior terbaru yang diberi nama Third Generation MG Family Design Language dengan nuansa sporty. Hal ini terlihat dari bagian depan MG 5 GT yang dibuat melancip ala shark hunting front face, dengan buritan yang dibentuk seperti ducktail di bagian bagasinya. Laju MG 5 GT menjadi lebih aerodinamis berkat desain ini sehingga bisa lebih irit BBM.

Soal mesin penggerak, MG 5 GT dibekali mesin DOHC 4 silinder 16 katup VTi-Tech berkubikasi 1.498 cc. Mesin ini menerima suplai bahan bakar melalui Multi-Point Fuel Injection, sistem injeksi yang lebih modern dan efisien dibandingkan sistem suplai bahan bakar lainnya. Tenaga yang telah dihasilkan akan langsung dialirkan melalui transmisi otomatis 8 tingkat percepatan berteknologi CVT.

Brand mobil Inggris Morris Garage akhirnya mengumumkan harga jual MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun ini akhirnya dijual mulai Rp 339,9 juta.Brand mobil Inggris Morris Garage akhirnya mengumumkan harga jual MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun ini akhirnya dijual mulai Rp 339,9 juta. Foto: Agung Pambudhy

Transmisi ini mampu memberikan proses perpindahan gigi yang halus sehingga makin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Terlebih, tenaganya akan selalu terasa di setiap putaran mesin tanpa ada gejala lag, menjadikan sedan ini mampu berakselerasi dengan spontan dan cepat.

"Desain eksterior yang aerodinamis, dikombinasikan dengan mesin, sistem injeksi, serta sistem transmisi CVT 8 percepatan yang memberikan perpindahan gigi yang smooth, membuat MG 5 GT mampu menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar, dengan tetap menjaga kenyamanan berkendara di tengah kepadatan lalu lintas," ucap Arief.

MG 5 GT dibekali dengan tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengendara, mulai dari Urban, Normal, hingga Dynamic.

Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan bahan bakar bensin dengan nilai oktan 92, MG 5 GT menunjukkan angka konsumsi 9-11 km/liter di jalanan padat lalu lintas dalam kota, 12-16 km/liter ketika berada di rute antar kota, dan 9-12 km/liter untuk rute campuran. Hasil tersebut didapat dengan mode berkendara yang disetting pada mode normal.

Saat ini MG 5 GT hadir dalam 3 varian, yakni Activate dengan harga Rp 339,9 juta, Ignite dengan Rp 369,9 juta, dan Magnify dengan Rp 399,9 juta.



Simak Video "Review MG 5 GT: Tampilan Memukau, Harga Terjangkau! "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT