Sama-sama Pakai 1.500 cc, Kia Carens Menolak Disandingkan dengan Avanza cs

ADVERTISEMENT

Sama-sama Pakai 1.500 cc, Kia Carens Menolak Disandingkan dengan Avanza cs

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 14 Okt 2022 08:44 WIB
Kia Carens 2022
Kia Carens (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kia meluncurkan MPV Kia Carens dengan pilihan mesin 1.500 cc non-turbo dan 1.400 cc turbo. Meski pakai mesin 1.500 cc, Kia tidak mau Carens disandingkan dengan low MPV seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Hyundai Stargazer, dan yang lainnya.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, mengatakan Kia Carens bermain di kelas MPV medium. Lawan sepadan Kia Carens, menurut Ario, adalah Toyota Kijang Innova.

"Kita bukan bilang kita punya (mesin) 1.500 cc kita main ke bawah, nggak. Kita kasih alternatif kalau yang (punya) uang (untuk beli Innova tipe G), tapi feature nggak dikurangin, tapi mesin lebih kecil. Dengan harga itu, mau beli (MPV medium lain) ketuaan, nggak mau beli 1.500 cc yang mainstream, akhirnya alternatifnya adalah Carens," kata Ario saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang.

"Iya memang mesin 1.500, tapi kan (ada) sunroof, (audio) Bose, ventilated seat, leather semua, AC nggak bonggol," klaimnya.

Secara dimensi, mobil keluarga andalan Kia itu memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase-nya mencapai 2.780 mm. Sebagai pembanding, Innova memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

"Interior kita berani, dalamnya lebih lapang ini (dibanding Innova), interior-wise ya. Makanya kita taruh koper 2, ada tas golf, ada sepeda, ada box. Itu aja masih bisa pergi berlima. Itu masih bisa pergi sekeluarga, bapaknya bisa golf, anaknya bisa naik sepeda, ibunya bisa bawa perkakas segala macam buat dandan bawa koper gede aman," ujar Ario.

Kia Carens hadir dengan pilihan mesin berbahan bakar bensin. Kia Carens 1.4L Turbo mengusung mesin Kappa 1.4 Liter (140 PS/242 Nm) dengan imbuhan Turbocharger yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7-speed kopling ganda (DCT). Sementara di bawahnya, Kia Carens 1.5L mengusung mesin Smartstream, Gamma II yang berkapasitas 1,5 liter (115 PS/144 Nm) bersanding dengan transmisi Intelligent VT.

Kia Carens 2022Kia Carens 2022 Foto: Ari Saputra/detikcom

Kia Carens dibekali layar infotainment sebesar 8 inch. Head Unit itu bisa terintagrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu, Kia Carens juga dibekali 8 speaker BOSE Premium.

Soal kenyamanan dalam kabin, Carens memiliki sistem ventilasi di bangku depan, serta sistem pengisian ulang baterai nirkabel. Kia Carens juga dilengkapi port pengisian daya type c di semua baris.

Kia juga memberikan fitur penumpang masuk baris ketiga dengan one-touch E-Tumble yang melipat kursi baris kedua sebelah kiri secara elektrik. Penumpang Kia Carens dimanjakan dengan ambient light dengan mode pilihan 64 warna, plus sunroof dengan mode tilt dan slide.

Kia Carens dijual dengan harga Rp 389 juta untuk model 1.5L. Varian ini memiliki kapasitas 7 penumpang. Sedangkan varian Carens 1.4 Turbo dengan opsi captain seat sehingga jadi 6 penumpang saja dijual Rp 449 juta.



Simak Video "Kencan Pertama dengan KIA Carens: Yakin Lawan Innova?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT