Sama-sama Dijual Rp 515,9 Juta, Pilih Honda CR-V Termurah atau HR-V Termahal?

ADVERTISEMENT

Sama-sama Dijual Rp 515,9 Juta, Pilih Honda CR-V Termurah atau HR-V Termahal?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 08 Okt 2022 19:30 WIB
All New Honda HR-V
Foto: All New Honda HR-V
Jakarta -

Pilihan SUV cukup banyak tersaji di Indonesia. Harganya tentu bervariasi dan bisa kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kalau budget yang dimiliki di kisaran Rp 500 jutaan dan mengincar SUV Honda, pilihannya ada dua nih.

Pertama adalah Honda HR-V turbo RS dan yang kedua adalah CR-V 2.0L iVTEC. Keduanya diketahui sama-sama dijual dengan harga Rp 515,9 juta. Tapi soal spesifikasi tentunya berbeda. Honda HR-V Turbo RS merupakan varian tertinggi dari HR-V sedangkan CR-V 2.0L adalah varian terendah dari CR-V.

Honda CR-VHonda CR-V. Foto: Dok. HPM

Honda CR-V 2.0L

Secara ukuran CR-V lebih besar dari HR-V. Honda CR-V memiliki panjang 4.623 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.657 mm. Sedangkan HR-V RS panjangnya 4.385 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.590 mm. Honda CR-V memiliki dimensi lebih panjang, namun kapasitasnya tetap lima orang.

Mesin yang diusung Honda CR-V 2.0L juga belum menggunakan teknologi turbo. Adalah mesin 2.0L SOHC i-VTEC bertenaga 154 PS dengan transmisi CVT. Honda CR-V 2.0L menggunakan velg berukuran 18 inchi. Terdapat pula lampu depan Full LED dengan DRL. Lampu kabut juga sudah mengusung LED.

Di bagian interior, Honda CR-V 2.0L dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inchi. Lalu dari fitur keselamatan, Honda CR-V 2.0L memiliki 6 airbag, cruise control, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist. Belum tersedia fitur Honda Sensing seperti pada CR-V varian lain.

Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Sementara HR-V, dilengkapi dengan mesin 1.5L turbo DOHC VTEC+DBW. Di atas kertas, mesin ini menyemburkan tenaga lebih besar ketimbang Honda CR-V 2.0L. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Honda HR-V 1.5 turbo adalah 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Untuk transmisi, Honda HR-V juga mengusung CVT.

Seperti halnya CR-V 2.0L, Honda HR-V juga sudah menggunakan lampu depan full LED dengan DRL. Ditambah lagi dengan adanya lampu sein sequential. Lampu LED ini juga tersemat di lampu kabut HR-V.

Masuk ke dalam, pengendara akan dimanjakan dengan sistem hiburan berupa layar sentuh berukuran 8 inchi dan terintegrasi ke Bluetooth, Hands Free Telephone, Radio, hingga Web Link.

Sebagai varian tertinggi, Honda HR-V 1.5 RS turbo bertabur fitur-fitur keselamatan canggih yang tergabung dalam Honda Sensing. Jumlah airbagnya juga 6 terletak di depan, sisi samping, dan jendela. Kemudian fitur keselamatan lainnya antara lain, Honda LaneWatch, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist , Emergency Stop Signal, Brake Override System, dan Parking Sensor.

Jika diperhatikan, Honda HR-V 1.5 varian tertinggi menyajikan fitur yang lebih baik dari CR-V 2.0L. Pun demikian dari sisi mesin, tenaga HR-V 1.5 RS turbo di atas kertas masih lebih tinggi. Namun bila pertimbangannya mobil dengan ukuran lebih besar, maka Honda CR-V 2.0L bisa jadi pilihan tepat.



Simak Video "Dear Honda, Kapan Nih Bawa CR-V Generasi Baru ke Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT