S-Presso Lampaui Ignis, Seberapa Laris Mobil Murah Suzuki?

ADVERTISEMENT

S-Presso Lampaui Ignis, Seberapa Laris Mobil Murah Suzuki?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 04 Okt 2022 18:33 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS) meluncurkan dua mobil baru, yakni S-Presso dan Baleno Facelift di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022).
Suzuki S-Presso Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Suzuki S-Presso menjadi mobil paling murah yang dipasarkan Suzuki saat ini. Sejak meluncur pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu, bagaimana kiprahnya?

Penjualan Suzuki S-Presso di awal peluncuran bisa dibilang moncer. Sebab angka wholesales (distribusi pabrik ke dealer) di atas target Suzuki yakni 2.300 unit hingga akhir tahun atau rata-rata 460 bulannya.

Angka yang terbilang kecil dibandingkan penjualan mobil murah -low cost green car (LCGC) di Indonesia. Tapi S-Presso dirasa tidak melawan mobil LCGC, pasalnya urban SUV masih diimpor utuh alias CBU dari India.

Meski begitu, angka penjualan wholesales S-Presso melebihi target dari yang dicanangkan PT Suzuki Indomobil Indonesia. Pada bulan Juli lalu misalnya, S-Presso sudah terdistribusi sebanyak 578 unit. Kemudian di bulan Agustus sebanyak 754 unit S-Presso sudah dikirim ke dealer mereka. Jika ditotal sudah 1.332 unit S-Presso.

Jika dibandingkan dengan mobil city car Suzuki lainnya, Suzuki Ignis. S-Presso dirasa sudah melampaui penjualan Ignis di sepanjang tahun 2022.

S-Presso sudah mencapai ribuan unit pada dua bulan pertamanya. Angkanya berbanding terbalik dengan Suzuki Ignis, mobil yang juga CBU dari India itu sudah terdistribusi 457 unit sejak Januari - Agustus 2022.

Saat melihat harganya, S-Presso mepet-mepet dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC). Tapi Suzuki membantah kalau S-Presso bakal menggantikan Karimun Wagon R yang sudah disetop penjualannya di Indonesia. S-Presso saat ini dijual Rp 155 juta untuk tipe M/T, sedangkan S-Presso AGS dijual Rp 164 juta.

S-Presso merupakan jawaban Suzuki bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan untuk mereka yang butuh mobil compact namun tetap irit BBM.

Di balik bonetnya, S-Presso dibekali mesin bensin K-Series K10B DOHC 1 liter tiga silinder. S-Presso terbaru bisa menghasilkan tenaga puncak 50 kW pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis AGS dan manual 5-percepatan.

Ukuran Suzuki S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, dan jarak sumbu roda 2.380 mm. Lebih ringkas dari Suzuki Ignis, yang memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm.



Simak Video "Irit Banget! Segini Konsumsi Bensin Suzuki S-Presso"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT