ADVERTISEMENT

Wuling Air EV Jadi Buktinya, Jualan Mobil Listrik di Bawah Rp 300 Juta Laris

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 21 Sep 2022 07:24 WIB
Jusuf Hamka serah terima Wuling Air ev
Ilustrasi mobil listrik murah Foto: (Christina Hartati Phan/Wuling Motors)
Jakarta -

Penjualan mobil listrik di Indonesia mulai bergairah. Ini dikarenakan salah satu pabrikan menjualnya di bawah Rp 300 juta.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara mengatakan mobil listrik bakal menjadi primadona jika terdapat pabrikan yang menjual mobil listrik yang sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.

"Kembali berdasarkan data Gaikindo kami sampaikan berulang-ulang bahwa daya beli masyarakat itu di kisaran Rp 300 juta ke bawah. Kalau kendaraan tersebut bisa dibuat, dan dijual dengan harga terjangkau tadi di kisaran Rp 300 juta ke bawah, tentunya ini akan mendapat banyak peminatnya," kata Kukuh saat diskusi virtual beberapa waktu yang lalu.

Sebagai buktinya, saat ini baru satu anggota Gaikindo yang menjual mobil listrik di bawah Rp 300 juta, yakni Wuling Air EV. Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer), penjualan pada bulan Agustus 2022 mencapai 821 unit.

Sebagai pembanding adapun Hyundai juga meramaikan pasar mobil listrik di Tanah Air, namun harganya belum menyasar kantong kebanyakan masyarakat Indonesia. Selama Agustus 2022, distribusi wholesales Hyundai Ioniq 5 mencapai 174 unit.

Kukuh mengatakan mobil hybrid di Indonesia juga pilihannya beragam sekarang. Terpenting adalah soal harga, terbukti Suzuki melahirkan Ertiga hybrid langsung menguasai pasar dengan penjualan mencapai 574 unit selama Agustus 2022. Adapun merek Toyota, model hybrid terlarisnya pada bulan lalu ialah Corolla Cross Hybrid dengan angka 48 unit.

"BEV adalah satu alternatif energi masa depan, jangan lupa Indonesia juga punya pilihan lain di samping electric vehicles, ya hybrid mengalami pengingkatan, BEV juga meningkat, selama harganya terjangkau tentunya akan banyak diminati. Daya jangkau dan sebagainya nanti secara alamiah kita harapkan akan tumbuh, terkait juga kalau infrastruktur tersedia banyak, kemudian teknologi makin bagus, tentunya ini juga akan menarik," sambung dia.

Penjualan mobil elektrifikasi per Agustus 2022 berdasarkan data wholesales Gaikindo:

Battery electric vehicles (BEV):

Wuling Air EV: 821 unit
Hyundai Ioniq 5: 174 unit
Hyundai Ioniq EV: 16 unit
Hyundai Kona: 0 unit
Nissan Leaf: 0 unit
DFSK Gelora EV: 0 unit
Mini Cooper EV: 6 unit
Lexus UX300e: 4 unit

Hybrid

Nissan Kicks: 81 unit
Suzuki Ertiga Hybrid: 571 unit
Lexus LS500: 1 unit
Toyota Corolla Altis Hybrid: 22 unit
Toyota Camry Hybrid: 15 unit
Lexus ES 300h: 50 unit
Lexus UX250h: 0 unit
Toyota C-HR Hybrid: 6 unit
Toyota Corolla Cross Hybrid: 48 unit
Mitsubishi PHEV: 0 unit



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT